HEADLINE

Panen Kopi Lampung Barat Terus Berguyur

Lampung Barat  - Panen raya kopi di Lampung Barat (Lambar) masih berlangsung sampai saat ini. Dengan harga beli biji kopi mencapai Rp 16ribu sampai Rp 17ribu per kilogram, masyarakat setempat begitu antusias menyambut musim panen.kopi yang selama ini bertahun-tahun mengurusi kebon kopinya 

Dari pantauan kami beberapa tempat seperti pekon Sukau, Lombokseminung, Sekincau, Belalau, Air Hitam. Hampir di setiap halaman rumah warga seperti di Kecamatan Batu Brak, Lombok seminung hampir menyeluruh terdapat hamparan jemuran kopi yang masih basah,  baik yang masih basah hingga kering dan siap digiling.

Salah satu warga setempat saleh  mengutarakan, dengan kebunnya seluas satu hektar, dirinya sudah memanen dua ton kopi. "Itu belum sepenuhnya selesai dipanen. Karena masih ada yang menguning," kata dia, (9/6) lain halnya dengan Suhardin dihalaman masih banyak kopi yang belum kering (dijemur) juga tumpukan yang belum dijemur masih banyak dalam tumpukan karung karena katanya untuk dijemur lokasinya tidak mengijinkan “Wah saya ini pengan benar mas kopi ini semua kering karena untuk yang mau dipanen dikebunnya sudah dimulai lagi” . 

Panen sendiri, paparnya, diperkirakan masih akan berlangsung hingga Juli atau Agustus mendatang.(irw)

Tidak ada komentar