HEADLINE

Buah Alpukat Cukup Menjanjikan

Lumbokseminung, WL   -  Selain potensi wisata, perikanan dan pertanian warga Pekon Sukabanjar Kecamatan Lumbokseminung Kabupaten Lampung Barat (Lambar), warga setempat juga memiliki hasil pertanian buah alpukat yang telah dikenal hingga ke luar Lambar.

Petani setempat, Asrodi, kepada Warta lambar, Senin (17/10), menurutnya buah segar alpukat saat ini ditingkat petani Rp3.500/Kg. Hal tersebut membuat petani yang ada di pekon tersebut merasa terbantu. Terlebih buah segar alpokat saat ini tidak terserang penyakit dengan harapan dimusim buah yang akan datang harga tetap setabil.

Petani setempat selain melakukan pemangkasan terhadap batang yang telah tua, juga melakukan peramajaan dengan cara mencangkok batang alpokat yang memiliki buah berkualitas baik.

Masih kata dia, hasil yang didapatkan oleh petani saat ini rata-rata perbatang mendapatkan 120Kg/batang, akan tetapi kendala yang kerap dialamai petani jarangnya pembeli yang datang lamsung hingga tingkat petai. Untuk mensiasati kerugian tersebut petani terpaksa memetik sekali seminggu, akan tetapi buah yang ada ditingkat petani begitu melimpah.

Disinggung hasil buah segar dijual hingga kemana saja, dirinya menuturkan penjualan selama ini didominan keluar Lampung yakni Palembang dan Jakarta. “Dengan harapan ke depan Dinas Pertanian (Distan) bersedia memberikan penyuluhan dan memberikan bantuan bibit berkualitas baik,” pungkasnya. (rom) 

Selasa, 18 Oktober 2011

Tidak ada komentar