HEADLINE

Karyapenggawa Gelar Sosialisasi Pengendalian Penduduk


Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mengharapkan dalam pendataan kependudukan di Kabupaten Lambar akurat dan diperbaharui pertriwulannya. Hal tersebut disampaikan, Kabid Pengendalian Penduduk, Murliana, S.Sos., dalam acara sosialisasi Pembinaan Aparat Kecamatan dan Pekon Dalam Pengendalian Penduduk dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lambar, di Aula Kecamatan Karyapenggawa, Selasa (19/2), kemarin.

Dalam sosialisasi Pembinaan Aparat Kecamatan dan Pekon Dalam Pengendalian Penduduk dilingkungan pemerintah tersebut, yang dihadiri, Camat Drs. Soni Sisnur, Sekcam, dan peratin, Juru tulis (Jurtul), serta Kaur Pemerintahan pekon, se-Kecamatan Karyapenggawa. “Saya mengharapkan dengan digelarnya sosialisasi atau pembinaan untuk pengejaran dalam pengendalian ini, bisa meningkatkan pengetahuan dalam rangka pendataan dan pelaporan dari pekon ke kecamatan dan Kecamatan memberikan data kependudukan ke Kabupaten,” ungkapnya.

Pembinaan ini juga, bertujuan untuk memberikan penyegaran ke pada aparat pekon dan kecamatan untuk bisa melaksanakan tugas dalam pengisian data kependudukan serta pembahasan terkait pendataan ulang kependudukan. “Harapannya setelah adanya pembinaan mengenai pembaharuan data kependudukan seperti pengisian blanko, keterangan lahir, mati, datang, pindah (Lampin), serta berdasarkan agama dan pendidikan, kelompok umur, mata pencarian, penyebaran dan kepadatan penduduk, serta peristiwa penting, hal itu harus rutin dilaporkan, selama ini memang sudah berjalan kita dari kabupaten hanya menerima laporan dari kecamatan, apakah data tersebut telah diperbaharui atau tidak,” jelasnya.

Lanjut dia, disamping setiap pekon di lakukan pendataan minimal setiap tiga bulan sekali, data tersebut menjadi lebih akurat dan jelas. “Kita memberikan pengetahuan kepada para petugas pekon dan kecamatan untuk melakukan pendataan ulang kependudukan lebih akurat dan selalu diperbaharui,” tandas Murliana.

Tidak ada komentar