HEADLINE

Gotong-Royong Antisipasi Banjir


Upaya mengantisipasi banjir seperti beberapa waktu lalu yang sempat merendam area permukiman, , warga Pekon Lintik Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar gotong-royong membersihkan saluran pembuangan atau drainase. Langkah antisipasi warga tersebut agar ketika hujan deras tak terjadi banjir tersebut dipimpin langsung Peratin Arifin.

Dijelaskan Arifin, Kamis (10/1), sasaran kegiatan membersihkan saluran pembuangan air agar arus air dapat tetap lancar meski dalam hujan deras. “Dengan saluran pembuangannya yang sebagiannya belum permanen itu terlihat bersih, meski hujan deras air tetap lancar dan tidak mengancam rumah warga dan tidak menimbulkan kerugian,” jelasnya.

Arifin juga menjelaskan jika sebelumnya saluran pembuangan air memang telah dibangun permanen dengan kucuran dana dari pemerintah dan terbukti hal tersebut cukup membantu dalam upaya meminimalisir banjir. “Meski belum maksimal namun dengan adanya saluran pembuangan yang berupa permanen terbukti cukup membantu, untuk itu kita akan berupaya meneruskan pembangunan saluran pembuangan air dengan permanen itu dalam pembangunan bertahap selanjutnya. Meski demikian hal itu juga tidak terlepas dari peran masyarakat itu sendiri dengan tidak membuang sampah dalam saluran itu karena jika itu terjadi harapan kita tetap saja percuma,” pungkas Arifin. (nov)

Tidak ada komentar