HEADLINE

Tupai Hama Sulit Diberantas

Sumberjaya, WL - Tanaman kakao merupakan salah satu komoditas yang telah lama dibudidayakan petani di Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat (Lambar), disamping kopi.

Akan tetapi kakao cukup sulit membuahkan hasil yang maksimal. Sebab, ketika pohon mulai memroduksi buah selalu terserang hama yang sulit diberantas, yaitu tupai.

Hal tersebut dijelaskan warga Simpangsari, Wawan, kepada Warta Lambar, Minggu (9/10). Menurutnya, hama tersebut merupakan hama yang menjadi kendala utama dalam produksi buah kakao. Selain jumlah yang cukup banyak, juga merupakan salah satu hama penyebab gagal panen. “Sampai saat ini belum ditemukan pemberantas hama itu,” jelasnya.

Ditambahkanya, hama tupai mampu memusnahkan buah kakao mulai dari buah yang masih muda hingga buah yang siap panen. Slama ini warga hanya melakukan pembasmian dengan cara menembak dengan senapan angin seta racun serangga. Namun, dengan racun serangga dapat menjadikan buah mengandung racun.
Masih kata dia, hingga saat ini belum ada pihak-pihak yang mampu memneri solusi tentang tatacara pemberantasan hama tupai. Bahkan, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) seakan merasa kualahan menghadapinya.

Pihaknya berharap pemerintah terkait mencarikan solusi pemberantasan  hama penyebab gagal panen kakao.
“Saya harap pemerintah dapat mencarikan solusi pemberantasan hama tersebut,” pungkasnya. (san)

Senin, 10 Oktober 2011
*)

Tidak ada komentar