HEADLINE

Harga Sayuran Merangkak Naik

Sekincau, WL - 12 Juli 2011

Harga komoditas palawija kian meningkat. Dalam satu minggu terakhir tercatat lima jenis tanaman sayuran, seperti kubis, cabai, ketela, tomat, dan daun sup. Pada minggu sebelumnya harga komoditas tersebut merangkak naik sekitar 30%-40% dari harga sebelumnya.

Pantauan wartawan koran ini di beberapa kios yang ada di Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat (Lambar), tidak terlihat seperti minggu sebelumnya. Yakni harga yang relatif murah membuat pemilik kios sulit untuk memasarkan ke luar daerah. Akibatnya, barang menumpuk dari beberapa jenis tanaman palawija tersebut.   

Furqon pemilik kios sayur yang ada di Kelurahan Sekincau kepada Warta Lambar, Selasa (12/7), mengakui dirinya sempat merugi yang cukup besar akibat harga yang sempat murah beberapa waktu lalu. Namun harga yang semakin melonjak naik dalam minggu-minggu ini membuat kerugian tersebut tertutupi. “Saya bersyukur dengan harga yang semakin naik,” ungkapnya,

Furqon menjelaskan harga komoditi seperti cabai minggu sebelumnya hanya Rp4 ribu/Kg-Rp5 ribu/Kg tetapi dalam minggu ini mencapai Rp8,5 ribu/Kg-11,5 ribu/Kg. sementara, kubis Rp350/Kg sekarang Rp700/Kg, tomat Rp3 ribu/Kg sekarang Rp5 ribu/Kg. Hingga ke jenis tanaman lainnya beranjak naik. “Harga tersebut membuat petani palawija cukup tenang untuk memikirkan modal yang cukup besar,” tandasnya. (nop)

Tidak ada komentar