HEADLINE

Di Bakauheni, Antre Truk Masih Mengular

Bandarlampung, WL - 05 Juli 2011

Ribuan truk masih tertahan dan menumpuk di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menunggu diseberangkan menuju Pelabuhan Merak, Banten.
“Ribuan masih tertahan dan sebagian antre hingga pintu keluar pelabuhan Bakauheni sejak Senin pagi,” kata Manajer Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Heru Purwanto, Senin (4/7) malam.

Dia mengatakan, kendaraan roda dua, roda empat, dan bus penumpang antarpulau masih mengalir deras baik dari Sumatera menuju Jawa dan sebaliknya, menggunakan jasa penyeberangan di pelabuhan itu.

Dia menjelaskan, akibat peningkatan kendaraan penumpang tersebut pihaknya tetap memberlakukan skala prioritas penyeberangan kendaraan, sehingga ratusan truk masih tertahan dan menumpuk sejak kemarin.

“Untuk kendaraan penumpang seperti mobil pribadi dan bus antarpulau dapat menyeberang karena kami prioritaskan dulu,” kata dia.
Penumpukan tersebut, kata dia, sudah berangsur-angsur berkurang karena sebagian kendaran truk telah menyeberang ke Pulau Jawa yang diselipkan bersamaan kendaraan penumpang.

Menurut dia, penumpukan ini karena arus kendaraan penumpang yang terus berdatangan karena menjelang pekan terakhir libur panjang dan bertepatan menjelang tahun ajaran baru anak sekolah tahun 2011-2012.

Sementara itu, Perwira Jaga Administrator Pelabuhan Bakauheni (Adpel) Syamsul Rizal, menyatakan selama sepekan ini jumlah armada kapal fery atau rol on roll off (roro) yang beroperasi sebanyak 26 armada untuk melayani arus penyeberangan Merak-Bakauheni.

Dia mengatakan, semua armada kapal feri telah beroperasi sebanyak 33 armada, delapan armada sejak awal liburan lalu masih dalam perbaikan docking sesuai dengan jadual.

Dari 26 armada tersebut biasanya hanya 24 armada yang terus aktif melayani penyeberangan dengan rata-rata meningkat dari 75 trip perhari menjadi 85-90 trip perhari selama liburan ini.

Pihaknya telah memberlakukan trip padat untuk pelayaran Bakauheni-Merak, namun belum mampu mengimbangi kedatangan kendaraan dari jalan lintas Sumatera.

Dia menambahkan, seluruh dermaga pelabuhan tersebut juga difungsikan semua untuk sandar dan tolak kapal fery termasuk dermaga plengsengan meskipun hanya untuk sandar kapal fery ukuran lebih kecil. (len)

Tidak ada komentar