HEADLINE

Kesadaran Patuhi Aturan Hanya 5%

Pesisir Barat - Berdasarkan hasil pantauan dan penilaian pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pesisir Barat (KPB) bahwa kesadaran masyarakat untuk menggunakan alat pengaman dan melengkapi kelengkapan surat menyurat kendaraannya terlebih kendaraan roda dua masih sangat rendah.

"Selama beberapa hari kami melakukan razia di beberapa titik, kami menilai bahwa kesadaran masyarakatnya untuk menggunakan alat pengaman seperti yang paling utama yaitu helm hanya 5%. Padahal itu sangat penting demi keamanan kita diatas kendaraan jika sesuatu hal menimpa kita, sementara masyarakat yang membawa kelengkapan surat kendaraannya ketika berkendara dan telah membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) hanya sedikit ditemui yang mematuhinya," jelas Kadiskominfo, Alzaziri Sabeki, S.E., M.M., ketika dikonfirmasi wartawan koran ini

Alzaziri menjelaskan bahwa masyarakat akan terlihat menggunakan helm dan melengkapi surat menyurat kendaraannya ketika dititik tertentu dilangsungkan suatu razia, baik itu dari pihak kepolisian atau Diskominfo. Itu dikarenakan ketakutan para penggendara tersebut untuk ditilang, jika tidak mematuhi peraturan lalulintas. "Jika mereka (pengendara-Red) tidak mematuhi aturan lalulintas dan mereka berani melalui razia itu, maka dipastikan mereka akan ditilang. Makanya ketika ada suatu razia dititik tertentu, para pengendara itu baru akan mematuhi peraturan lalulintas mulai dari menggunakan helm, dan melengkapi surat kendataannya karena takut ditilang," lanjutnya.

Menurut Alzaziri, bahwa selama beberapa hari pihaknya melangsungkan razia, jika lebih banyak menemukan masyarakat yang tidak mematuhi peraturan ketimbang yang patuh terhadap aturan lalulintas. Menanggapi hal tersebut pihaknya melakukan peringatan terhadap pengendara yang tidak menggunakan helm dan tidak mempunyai SIM serta kelengkapan surat menyuratnya, apabila peringatan yang tidak digubris oleh pengendara. Maka Diskominfo akan melakukan penilangan, sebagai sanksi terhadap siapa saja masyarakat yang tidak mematuhi peraturan lalulintas.

Masih kata Alzaziri, meski demikian pihak Diskominfo akan tetap berupaya untuk melakukan pengawasan serta memperingatkan masyarakat agar kedepan semakin hari masyarakat yang patuh terhadap peraturan lalulintas akan semakin meningkat. "Kami dari Kominfo akan berusaha agar tidak ada lagi masyarakat yang ketika berkendara tidak mematuhi aturan lalulintas. Karena memang patuh terhadap aturan lalulintas, bukan kami yang diuntungkan tapi masyarakat pengendara itu sendiri, karena dengan menggunakan helm, ketika terjadi kecelakaan bagian kepala tidak terjadi benturan yang kuat sehingga aman," pungkasnya. (nov)

Tidak ada komentar