HEADLINE

UKW II Digelar 20-21 Maret

Bandarlampung, WL-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lampung kembali membuktikan komitmennya terhadap peningkatan profesionalitas wartawan di provinsi ini. Sikap ini terlihat dari rencana mengadakan ujian kompetensi wartawan (UKW) gelombang II yang dijadualkan Selasa-Rabu (20-21/3) mendatang.
Wakil Ketua Bidang Pendidikan sekaligus Direktur Program Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) PWI Cabang Lampung, Nizwar, S.E., menyatakan UKW memiliki makna penting dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan wartawan melaksanakan profesi jurnalistik.
“Sertifikat UKW menjadi perlambang seorang wartawan pantas atau tidak menjalankan tugas jurnalistik dan menyandang profesi wartawan,” ujarnya usai rapat persiapan UKW dan Diklat Kehumasan di Balai Wartawan Hi. Solfian Ahmad.
Dijelaskan, pada UKW gelombang II ini, PWI Pusat memberikan jatah kepada 60 orang wartawan asal media yang eksis dan benar-benar siap mengikuti UKW. “Sejauh ini sudah ada 35 orang wartawan yang telah mendaftar untuk mengikuti UKW baik tingkat Utama, Madya maupun Muda.
Untuk itu, kami mengimbau wartawan yang ingin mengikuti UKW segera mendaftarkan diri, khususnya wartawan dengan pos liputan di Kota Bandarlampung dan Provinsi Lampung,” paparnya.
Bagi peserta UKW gelombang II ini, Lanjut Nizwar, PWI tetap member keringanan. “Jika mengikuti program ujian UKW mandiri di LPDS setiap peserta diharuskan membayar hingga Rp4,5 juta, untuk UKW gelombang II ini cukup Rp300 ribu untuk peserta tingkat Utama, Rp250 ribu untuk madya dan Rp200 ribu untuk tingkat muda,” tuturnya.
Selain UKW, lanjut Nizwar, PWI Cabang Lampung saat ini juga segera menggulirkan program Diklat Kehumasan se-Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di Kampus A2L/STIE Lampung pada 19-20 Maret mendatang.
“Program ini diikuti oleh seluruh humas di Provinsi Lampung. Ini
sebagai upaya kami untuk membentuk humas yang benar-benar siap untuk menjalankan tugasnya memperlancar informasi pembangunan di masing-masing daerah,” ucapnya. Dalam kegiatan yang akan dibuka langsung oleh Sekjend PWI Hendri CH. Bangun itu, para humas akan mendapat berbagai macam pengetahuan di bidang jurnalistik.
Terpisah, Ketua PWI Cabang Lampung Supriyadi Alfian, S.Kom., menyatakan selain dua agenda utama tadi, pihaknya juga tengah focus terhadap pelaksanaan konferwil di 8 kabupaten. “Saat ini baru empat kabupaten yang selesai yaitu Lampung Tengah, Metro, Tulangbawang, Lampung Barat. Sisanya yaitu Lampung Timur, Waykanan, Lampung Utara dan Pesawaran kami targetkan tuntas hingga akhir bulan ini,” ujarnya.
Ditambahkan, seluruh program itu akan ditutup dengan pelaksanaan puncak Hari Perss Nasional (HPN) yang akan dipusatkan di Pringsewu. Puncak HPN akan dilaksanakan pada 15 dan 16 April 2012. “Pada 15 April akan diisi dengan jalan sehat sedangkan pada 16 April akan diisi dengan seminar Peran Serta Pers dalam Pembangunan Kabupaten Pringsewu. Pada puncak HPN juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus PWI dan IKWI perwakilan yang baru saja terpilih,” paparnya. (len)

Tidak ada komentar