HEADLINE

Pilkada, Rakyat Lambar Inginkan Perubahan

Ulul Nyoblos di TPS 3 Suoh
LAMPUNG BARAT - Hari ini, Rabu (15/2), seratusan daerah terdiri atas provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia menggelar pilkada serentak, memilih gubernur-wagub dan bupati-wabup/ dan walikota-wawako. 

Dari jumlah tersebut lima kabupaten di antaranya ada di Provinsi Lampung, termasuk Lampung Barat (Lambar)--kabupaten pertama hasil pemekaran Provinsi Lampung tahun 1991 silam yang kini menduduki peringkat termiskin ke-14 dari 15 kabupaten/kota di ranah Sai Bumi Ruwa Jurai itu. 

Suasana di Kota Liwa sendiri yang notabene ibukota kabupaten tampak lengang karena pemilih dua paslon berdatangan ke TPS-TPS terdekat menunaikan hak demokrasinya memilih bupati-wabup periode 2017-2022.  

Sekadar diketahui, pilkada Lambar diikuti dua paslon. Masing-masing Parosil Mabsus (PM)-Mad Hasnurin nomor urut 1 dan nomor urut 2 Edy Irawan Arief (Edy)-Ulul Azmi Soltiansa alias Paisol (Pai).

PM maju mencalon diusung koalisi tiga parpol, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan PAN. Sedangkan Edy-Pai diusung koalisi enam parpol, masing-masing Partai Demokrat, PPP, Partai Gerindra, Partai Nasdem, PKS, dan PKB.

Terkait data pilkada, KPU setempat menetapkan 214.648 pemilih yang masuk DPT, dengan rincian laki-laki 112.829 pemilih dan perempuan 101.819 pemilih tersebar pada 533 TPS di 136 pekon/kelurahan, dan 15 kecamatan se-Lambar.

"Sampai pukul 11.00 hari ini masih berlangsung pencoblosan di masing-masing TPS hingga pukul 13.00. Kami (Edy-Pai) tetap optimis memenangi pilkada ini karena antusiasme masyarakat yang menginginkan perubahan," ujar jurubicara Edy-Pai, Andi Gunawan.

Andi menandaskan, perhitungan cepat (quick count) memang dilakukan beberapa lembaga survei, misalnya Rakata Institute, namun demikian pada akhirnya hasil penghitungan suara oleh pihak KPU-lah yang sah.(wartalambar.com / aga)


Ulul Nyoblos di TPS 3 Suoh

Ulul Nyoblos di TPS 3 Suoh

Ulul Nyoblos di TPS 3 Suoh

Ulul Nyoblos di TPS 3 Suoh

Tidak ada komentar