HEADLINE

Esensi HUT Perak Lambar | Bekerja Lebih Nyata dan Cerdas

LAMPUNG BARAT - Rangkaian acara peringatan HUT Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ke-25 atau HUT Perak, pemerintah memaknai esensi terdalamnya dengan bekerja lebih nyata dan cerdas ditandai upacara di Lapangan Indra Pati Cakra Negara kompleks pemkab setempat, Senin (26/9), dengan inspektur upacara Bupati Mukhlis Basri.

Peringatan HUT Lambar ke-25 tahun 2016 bertemakan, ”Dengan Semangat HUT Ke-25 Lampung Barat, Kita Tingkatkan Rasa Kebersamaan Menuju Lampung Barat Sejahtera Dengan Kerja Nyata.”

Bupati hadir didampingi istri yang juga Ketua TP-PKK Helwiyati Komala Dewi Mukhlis Basri, Wakil Bupati Makmur Azhari dan istri, Sekkab Nirlan dan istri, Ketua DPRD Edi Novial, asisten maupun staf ahli dan juga unsur Forkopimda serta undangan dari Kabupaten Waykanan, TulangbBawang, Lampung Utara serta Mantan Sekkab Hidayat.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Rusdi, Perwira Upacara Adi Utama, Pembawa Acara Rina Agustina dan Nia Lestari, Pembacaan Sejarah Selayar Akbar Suttan Jaya Kesuma IV (Sai Batin Buay Bejalan Di Way Kembahang), serta Pembacaan Doa dari kantor Kemenag Lambar.

Turut hadir dalam upacara tersebut para kepala SKPD lingkup pemkab, para Sai Batin/Punyimbang Adat, pimpinan partai politik, camat, lurah, peratin dan LHP, sesepuh, para tokoh, pimpinan organisasi kemasyarakatan, seluruh organisasi wanita, organisasi pemuda, LSM, para cendikiawan, pelajar, dan praktisi media.

Dalam sambutanya Mukhlis menyampaikan peringatan HUT ke-25 ini merupakan momentum penting bagi masyarakat Lambar untuk introspeksi dan bermuhasabah, karena seyogianya tidak bersifat historis formal atau sebatas kenangan semata, tetapi menjadi titik tolak dalam berkreasi dan bekerja keras sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta.

“Dengan usia perak ini, selayaknya kita dapat merenungkan kembali, kadar sumbangsih kita atas pembangunan dan kemajuan kabupaten ini. Mencermati kembali berbagai permasalahan, tantangan dan hambatan yang muncul dan menjadikannya sebagai penyemangat kita untuk terus mengabdi memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Untuk itu, mari kita terus mengisi pembangunan sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat dengan menjadikan nilai-nilai demokrasi yang ada pada kultur masyarakat Lambar dan bangsa Indonesia,”ujar Mukhlis.

Disampaikanya juga bahwa keberhasilan jajaran pemerintahan dan masyaraat Lambar juga telah membuktikan kebersamaan terbaiknya, dengan diraihnya Rekor MURI 1.049 sangrai kopi tahun 2015 dilengkapi dengan kado terbaik pada ulang tahun perak saat ini dengan diterimanya Rekor MURI 5.454 arak-arakan sekura pada tanggal 18 September lalu. Hai itu semua adalah wujud kebersamaan yang terjalin dan harmonis antara pemerintah dan masyarakat Lambar.

“Selain itu, saya juga menyatakan gembira dan berbahagia, serta memberi apresiasi yang tinggi pada berbagai keberhasilan yang telah dicapai. Untuk itu pertahankan dan tingkatkan semua prestasi yang ada, dengan meningkatnya kinerja dan semangat pengabdian,“ jelasnya.

Berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan yang dimulai dari pekon, merupakan wujud kepercayaan pemerintah terhadap masyarakatnya dalam berdemokrasi dan berpartisipasi sesuai kebutuhan masing-masing pekonnya. Kemudian, lanjut Mukhlis, perubahan iklim saat ini, juga mengharapkan kepedulian semua pihak agar sistem produksi pangan masyarakat tetap terjamin ketersediaannya dan terjangkau di rumah tangga masyarakat Lambar.

Mukhlis meminta warganya membangkitkan kembali kemampuan Lambar sebagai produsen ikan air tawar serta lumbung padi dan sayuran, sebagai produsen kopi robusta bermutu terbaik di Indonesia.”

Sementara itu, seusai seremoni peringatan HUT XXV tahun 2016, pemkab juga menggelar ramah-tamah dan pemberian penghargaan kepada guru, pelajar, perorangan, instansi, pokmas, kelembagaan instansi berprestasi yang berjumlah 137 orang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Muklis Basri disaksikan Wakil Bupati Makmur Azhari, Sekkab Nirlan, Forkompinda, dan Ketua Tim Pengerak PKK di lobby kantor bupati Lambar. (wartalambar.com)

Tidak ada komentar