HEADLINE

Wabup Erlina Serahkan Bapperstok

PESISIR BARAT -  Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat (KPB), Erlina, S.P., M.H. menyerahkan bantuan beras dan Bahan Persediaan dan Stok (Bapperstok) kepada masyarakat yang terkena musibah banjir di Kecamatan Ngambur dan Bengkunat, Selasa (15 Maret 2016).

Dalam sambutannya Erlina mengatakan pihaknya merasa prihatin atas terjadinya musibah banjir yang melanda Ngambur dan Bengkunat, sehingga menimbulkan banyak kerugian.

"Sebab itu pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah melalui kebijakan Bupati Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H. Tentu dengan harapan bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat, paling tidak meringankan kerugian yang kita alami," ujar Erlina.

Dijelaskan Erlina, banjir terjadi disebabkan penebangan pohon secara secara terus menerus, sehingga ketika hujan mengguyur dengan intensitas yang cukup tinggi membuat tanah tidak mampu menyerap air hujan, ditambah dengan aliran sungai yang mengalami pendangkalan yang berujung meluapnya air sungai.

"Jika sudah demikian kerugian yang menimpa masyarakat banyak jelas tidak dapat dihindari, karena hutan yang sudah gundul tidak lagi mampu menyerap air serta sungai yang kondisinya sudah dangkal," lanjutnya.

Erlina mengaku telah memerintahkan Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) untuk segera melakukan langkah penanaman pohon-pohon tanaman keras, seperti damar, duku dan pohon yang mampu menyerap air lainnya.

Sekadar diketahui, bantuan beras yang diserahkan pada kesempatan tersebut, untuk Kecamatan Ngambur sebanyak 5.126.800 kg dan Bengkunat mencapai 3.519.600 kg beras. (wartalambar.com | aga)

Tidak ada komentar