HEADLINE

Pelatihan Pokdarwis Diikuti 35 Peserta

PESISIR BARAT - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kamis-Jumat (10-11/3) di GSG Selalaw Krui bertujuan membanguan Pesibar dengan Sapta Pesona ditandai pemukulan gong oleh Bupati Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H.

Tampak hadir Kepala Disparekraf Audi Marfi, S.Pd., M.M., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Gunawan, M.Si., narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Adi Susanto disaksikan 35 peserta dari 11 kecamatan. 

Audi mengatakan pelatihan tersebut merupakan konsep sadar wisata yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif pengembangan kepariwisataan.

Ada berbagai indikator perkembangan pariwisata, di antaranya keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan, dan keramah-tamahan. "Sedangkan implementansi dari Sapta Pesona adalah terciptanya lingkungan yang bersih, aman, tertib dan memberikan layanan teratur dan efektif bagi wisatawan," jelas Audi.

Pelatihan yang merupakan kerjasama Pemkab Pesibar dengan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI), dan kelompok wisata itu  merupakan program pengembangan pariwisata bertujuan membangun dan memahami seluruh potensi di daerah masing-masing.

Bupati Agus Istiqlal dalam kesempatan itu menghimbau seluruh kepala dinas, elemen terkait, dan peserta memberikan terbaik untuk Pesibar dari hal sekecil mungkin khususnya dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi wisata yang ada.

"Objek wisata yang kita miliki saat ini sangatlah luar biasa dan mempesona jika kita mampu menjaga dan mengembangkan. Tempat wisata yang cantik hendaknya kita syukuri dengan cara pengelolaan yang lebih profesional sehingga dapat menjadikan tujuan para pengunjung baik domestik maupun internasional," katanya.

agus menambahkan industri wisata dapat menjadi tulang punggung perekonomian meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat, yang karenanya diharapkan masyarakt memahami pentingnya sadar wisata dan menjadikan Pesibar sebagai daerah tujuan wisata populer. (wartalambar.com | aga)

Tidak ada komentar