HEADLINE

Kherlani Menilai Bangun PLTA Cukup Bagus

Pesisir Barat - Terkait masalah listrik yang kian dikeluhkan masyarakat, Pj. Bupati Kabupaten Pesisir Barat (KPB), H. Kherlani, S.E., M.M., menilai solusi untuk dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) cukup bagus dan masuk akal, dengan memanfaatkan banyak-banyaknya sungai besar yang terdapat di wilayah KPB. Meski demikian tetap saja, untuk mewujudkan hal itu bukan perkara gampang dan dipastikan perlu dilakukan pengkajian-pengkajian, serta yang menjadi kendala terbesar masalah dana yang akan dikucurkan dipastikan tidak sedikit.

Demikian dikatakan Kherlani, ketika dikonfirmasi wartawan ini, di ruang kerjanya, Kamis (1/8),  dibangunnya PLTA sebagai salah satu solusi atau langkah mengatasi krisis listrik yang kini tengah dialami masyarakat memang cukup bagus dan layak untuk diperjuangkan agar bisa terwujud. "Namun terlebih dulu sudah bisa dipastikan bahwa sungai mana yang layak untuk dilakukan pembangunan PLTA itu, ketika akan diajukan ke pemerintah provinsi atau pusat melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN), maka dari itu sebelumnya kita harus melakukan study khusus ke setiap sungai-sungai itu agar kita bisa tahu sungai mana yang bisa dibangun PLTA," ungkap Kherlani.

Orang nomor satu di KPB itu menjelaskan tujuan lainnya dilakukan study tersebut agar kekuatan tegangan yang bisa dihasilkan dari sungai yang dipilih untuk dibangun bisa diketahui, dengan demikian tegangan yang dihasilkan mampu atau tidak mencukupi kebutuhan tegangan untuk masyarakat konsumen. "Karena saya tidak mau jika akhirnya sama seperti yang terjadi di Pulaupisang, karena tegangannya yang kecil dipaksakan untuk menerangi perumahan  masyarakat yang banyak, akibatnya kini Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) itu rusak, padahal untuk memperoleh itu dana yang dikucurkan mencapai lima milliyar lebih," lanjutnya.

Masih kata Kherlani, untuk pembangunan PLTA besar kemungkinan kendala terbesarnya adalah masalah dana yang dipastikan memakan dana besar. Untuk itu cara yang akan ditempuh, dengan menggandeng investor untuk bekerjasama dalam hal pembangunannya yang didalamnya ikut serta pihak PLN. "Untuk saat ini cara itu menurut saya cukup bagus dan layak untuk diperjuangkan," imbuhnya.

Pihaknya juga akan berupaya 2014 mendatang pengkajian-pengkajian serta study ke sungai-sungai besar yang berpotensi akan dimulai. Dengan demikian, jika memang ada sungai yang layak dan sesuai, maka hal tersebut bisa secepatnya langsung ditindak lanjuti. "Ini bagus untuk kita pikirkan tindak lanjut kedepannya mau seperti apa," tutupnya. (nov)

Tidak ada komentar