HEADLINE

Dana Sertipikasi Sejak Januari Belum Dicairkan

Ilustrasi

Pesisir Barat - Sejumlah guru kini mempertanyakan dana sertipikasi yang sejak Januari lalu hingga saat ini masih belum dicairkan. Padahal, sebelumnya realisasi dana sertipikasi dicairkan setiap tiga bulan sekali. Berdasarkan informasi keterlambatan pencairan dana sertipikasi tersebut dikarenakan pembaruan data yang sedang dalam masalah tidak kunjung selesai hingga berakibat SK belum dapat dikeluarkan.

Demikian dijelaskan salah seorang guru di Riza S, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Selasa (4/6), bahwa hingga kini dana sertipikasi yang biasanya dicairkan setiap tiga bulan sekali sudah memasuki enam bulan terakhir belum terrealisasi. Hal itu memang masih ada permasalahan dari pusatnya langsung. "Sudah enam bulan dana sertipikasi kami belum cair, informasinya di pusatnya masih ada masalah," terang Riza.

Masih kata Riza, mekanisme realisasi dana sertipikasi yaitu beberapa saat sebelum pencairan dana terlebih dahulu akan dikeluarkan SK terhadap guru yang menerima dana sertipikasi. "Setiap akan dicairkan guru-guru menerima SK yang datanya telah diperbarui oleh pemerintah, dan sampai sekarang jangan dananya, SK nya saja belum bisa dikeluarkan oleh pemerintah," imbuh Riza.

Menurut Riza, sebelumnya dana sertipikasi dikelola oleh pemerintah setempat yang dalam hal ini melalui Dinas Pendidikan (Disdik) yang kemudian ditransfer langsung ke rekening masing-masing guru.

Riza berharap agar pemerintah dapat segera menyelesaikan data-data SK agar SK pencairan dana dapat segera dikeluarkan dan dananya secepatnya diterima oleh guru. "Kami sangat berharap agar dana sertipikasi ini secepatnya dapat kami terima, karena selama ini dana sertipikasi sangat membantu," tandasnya. (nov)

Tidak ada komentar