HEADLINE

Ketiadaan Lampu Jalan Picu Lakalantas


Pesisir Barat - Masih jarangnya keberadaan lampu jalan di sepanjang wilayah Kabupaten Pesisir Barat (KPB, utamanya di persimpangan atau perempatan banyak pihak menilainya hal tersebut salah satu faktor penyebab terjadinya lakalantas yang dipastikan dapat menimbulkan kerugian. Dengan demikian hak itu menjadi pekerjaan rumah bagi pemkab, karena jangankan untuk memasang lampu jalan dengan lengkap, untuk menerangi perumahan warga, cahaya listrik masih kekurangan tegangan.

Demikian dikatakan Tokoh Masyarakat Kecamatan Karyapenggawa, Ali Mukhsin, Selasa (4/6), pada dasarnya masyarakat memaklumi bahwa jangankan untuk memasang penerangan di jalan raya, memenuhi kebutuhan rumah-rumah masyarakat saja, cahaya listrik masih kerap kali tidak ubahnya cahaya lampu teplok. Namun, menurut Ali, meski masyarakat memaklumi hal tersebut pemkab tetap wajib untuk memikirkannya sebagai salah satu langkah membentuk atau penataan terhadap Kota KPB melalui dinas terkait. "Karena tidak bisa dipungkiri ketika di jalan atau persimpangan yang tidak ada lampu jalan, maka disanalah kerap kali terjadinya lakalantas yang bisa saja berakibat fatal hingga menyebabkan kematian," ujar Ali.

Ali menjelaskan, berkaca dari tata kota induk dari KPB yang disepanjang jalan protokol terpasang lampu jalan, hal tersebut membawa dampak positif yaitu selain menambah keindahan kota juga meminimalisir terjadinya lakalantas. Sementara untuk wilayah KPB yang belum adanya jalan protokol, untuk sementara masih dimaklumi. "Sementara untuk persimpangan atau perempatan harus segera dipikirkan pemkab bagaimana solusinya, karena memang keberadaan lampu jalan sangat penting demi keamanan pengguna jalan ketika malam hari," lanjut Ali.

Masih kata Ali, dibeberapa titik memang telah terpasang lampu jalan, namun permasalahannya banyak yang tidak lagi menyala dan sudah rusak. Ketika sejumlah lampu jalan yang rusak itu telah diperbaiki, paling lama hanya bertahan satu minggu lampu jalan tidak lagi terlihat menyala. Diperkirakan hal itu dikarenakan tegangan listrik yang memang masih kurang. "Kami berharap agar disetiap persimpangan atau perempatan dapat segera dipasang lampu jalan, karena itu sangat dibutuhkan," tandasnya. (nov)

Tidak ada komentar