HEADLINE

Kapal Tongkang Berlindung di Teluk Penaga

Ilustrasi
Cuaca ekstrem yang melanda wilayah pesisir Kabupaten Lampung Barat (Lambar), membuat kapal tongkang bermuatan biji sawit yang melakukan pelayaran dari Provinsi Sumatera Barat tujuan Jakarta terpaksa mencari perlindungan dan bersandar di Teluk Penaga Kecamatan Pulau Pisang, pada Minggu (13/1).

Camat Drs. Miswandi Hasan, M.Si. ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Selasa (15/1), mengatakan kapal tersebut bersandar sekitar pukul 20.00 karena terjadi angin barat saat kapal tersebut menempuh perjalanan dari Padang. “Saat di perjalanan terjadi angin barat, yang cukup sulit untuk dikendalikan sehingga anak buah kapal (ABK) memutuskan untuk mencari sandaran terdekat. Kemungkinan para ABK-nya kesulitan dan menganggap melanjutkan perjalanan adalah suatu hal yang cukup berbahaya sehingga memutuskan untuk bersandar di pulau ini, dan untuk mengenai alasan lainnya, kami tidak mengetahui,”Jelasnya.

Terpisah Kapolsek Pesisir Utara AKP Amiruddin, mengatakan adanya kapal tongkang itu tidak ada masalah, hanya karena faktor cuaca sehingga kapal tersebut terpaksa mencari perlindungan untuk mengindari amukan angin barat.

“Kapal tongkang itu hanya numpang bersandar saja, dan kita tidak mempermasalahkan hal itu, dan dalam hal ini kita rasa tidak perlu adanya koordinasi dengan ABK tongkang tersebut. Menurut informasi saat ini ABK-nya masih berada di dalam kapal, dan belum pasti kapan kapal tersebut akan melanjutkan perjalanan, kemungkinan menunggu cuaca kembali normal,” tegasnya singkat. (nov)

Tidak ada komentar