HEADLINE

UKW Dimulai di PWI

Bandarlampung, WL - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dimulai sejak Rabu (5/10), di gedung Persatuan
Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lampung. Dalam sambutannya Hendri CH Bangun mengatakan UKW tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan profesionalisme wartawan.

Ini merupakan tujuan utama dari organisasi profesi lanjutnya. Selain para mahasiswa Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Lampung angkatan pertama yang dinyatakan lulus dalam belajar, juga terdapat para pemimpin redaksi dari berbagai media di Lampung, pimpinan media, serta anggota senior PWI yang mengikuti tes tersebut.

Dalam pelaksanaannya, sepenuhnya menjadi tanggungjawab penguji UKW, tidak ada manipulasi di dalamnya karena nantinya akan diberikan pertanggungjawaban pada Dewan Pers. Dalam hal ini, ada empat kategori penguji yang dikatakan Hendri, dari lembaga pendidikan pers, organisasi pers, perguruan tinggi yang memiliki fakultas dan atau jurusan jurnalistik, serta media itu sendiri.

Namun untuk dapat menjadi penguji tidak semudah itu. Dan bagi pengusaha media salah satu persyaratannya adalah memiliki 40 wartawan utama, serta telah berdiri setidak-tidaknya selama 20 tahun. Sedangkan untuk perguruan tinggi, sudah 10 tahun serta memiliki fakultas jurusan jurnalistik.

Selanjutnya, Wina Armada menyambung sambutan Hendri mengatakan, bahwa untuk peserta yang tidak lulus, akan melakukan pengujian ulang dengan biaya sendiri. Sedangkan biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp1,5 juta-Rp2 juta per orang. UKW kali ini diikuti 13 peserta wartawan utama, delapan wartawan
madya, serta wartawan muda paling banyak mendominasi 31 orang. (len)

Kamis, 06 Oktober 2011
*)

Tidak ada komentar