HEADLINE

Lampung Sambut Pasar Wisata Indonesia 2011

Bandarlampung, WL - Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) atau Pasar Wisata Indonesia 2011 akan digelar di Bandarlampung. TIME 2011 merupakan program tahunan pariwisata Indonesia yang telah 17 kali digelar. Penyelenggaraan TIME tahun ini di Bandarlampung merupakan kali pertama di Pulau Sumatera.  “Karena ini kampung kelahiran saya, rasanya pantas kalau sekali ini TIME kita gelar di Bandarlampung,” ujar Sapta Nirwanda, Dirjen Promosi Pariwisata Kemenbudpar pada jumpa pers TIME 2011, beberapa hari lalu.

Sapta mengatakan, Lampung merupakan daerah yang kaya objek wisata, seperti wahana surfing di  Tanjungsetia yang sudah makin digandrungi pelancong dari berbagai negara, kampung Gajah di Waykambas, Krakatau, dan sebagainya. Bahkan, Provinsi Lampung sedang mempersiapkan beberapa destinasi baru
pariwisata. “Bandung sudah terlalu sumpek untuk menampung limpahan wisatawan dari Jakarta. Maka di akhir pekan, sudah saatnya orang pergi ke Lampung dan Banten,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said mengaku pihaknya sedang membenahi berbagai objek pariwisata Lampung. Gajah-gajah di objek wisata Waykambas, misalnya, terus dididik untuk tidak hanya bisa menendang bola, tapi bisa menari dan sebagainya. Ia mengakui, masalah
infrastruktur di Lampung masih menjadi hambatan. Lapangan terbang Branti pun tergolong kurang memadai.

Namun karena lokasi surfing Tanjung Setia sudah semakin dikenal, wisatawan asing makin banyak yang datang ke sana, padahal waktu tempuhnya dari pelabuhan udara ke pantai barat mencapai lima sampai enam jam. "Bila jembatan Selat Sunda dibangun, rencananya peletakan batu pertama pada 2012 mendatang, maka Lampung diharapkan benar-benar menjadi daerah tujuan wisata baru setelah Bandung dan Banten yang nantinya bisa ditempuh dalam tempo dua sampai tiga jam," janjinya. (len)

Kamis, 06 Oktober 2011
*)

Tidak ada komentar