HEADLINE

Lumut Tambahan Pakan Ikan

Rabu, 21 September 2011

Lumbokseminung, WL - Pemilik keramba apung di Pekon Lumbok Kecamatan Lumbokseminung Kabupaten Lampung Barat (Lambar), selain membudidayakan ikan nila juga membudidayakan lumut yang akan dipergunakan pakan tambahan pakan ikan.

Hal tersebut diungkapkan pemilik keramba, Azroni, kepada Warta Lambar, Selasa (20/9).

Menurutnya setiap petak keramba yang dikelolanya dilepas bibit ikan nila sebanyak 20Kg dan akan dipanen enam bulan kemudian. Sejak dilepas setiap harinya menghabiskan pur tidak kurang 5Kg. Guna memperkecil pengeluaran pemilik keramba terpaksa membudidayakan lumut yang akan diberikan setiap dua hari sekali.

Azroni menambahkan, kalau tidak diberi pakan tambahan yang bersumber dari lingkungan sekitar, pemilik keramba harus menggeluarkan dana yang cukub besar dan harga jual setiap panen sering menurun akibat beberapa pemilik keramba sering panen berbarengan.

Untuk mensiasati hal tersebut pemilik keramba melakukan panen ikan bergantian agar harga jual ikan tidak menurun. “Yang sangat dihawatirkan pemilik keramba, pengeluaran tidak seimbang dengan penghasilan setelan masa penen,” pungkasnya. (rom)

Tidak ada komentar