HEADLINE

Produksi Telur Itik Suoh Stabil


Bandar Negeri Suoh, WL - Kecamatan Bandarnegeri Suoh—pemekaran Suoh merupakan daerah pertanian di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang lebih dikenal dengan julukan lumbung padi dan bercirikan medan sulit dijangkau karena prasarana akses transportasi yang terbatas.

Daerah ini ternyata juga menyimpan sejuta potensi di bidang lain, termasuk peternakan atau budidaya unggas, utamanya itik petelur yang tersebar di 10 pekon kecamatan tersebut.

Hal ini ditunjang dengan topografi atau keadaan alam dengan hamparan areal pertanian sawah dan juga rawa yang luas dan cocok sebagai lokasi pengembangan unggas petelur.

“Sekarang, masyarakat Bandarnegeri Suoh sebagian besar memelihara itik petelur di rumah masing-masing. Saat ini memang hanya habis dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari, karena distribusinya terkendala medan yang sulit dilalui terlebih ketika hujan,” jelas Camat Ali Yurdin, S.Sos, MH, Selasa (21/6).

Melihat potensi sekaligus fakta tersebut, dia berkeinginan ada pihak ketiga yang bersedia menjadi semacam bapak angkat yang pengertiannya sama-sama menguntungkan dengan petani atau peternak itik petelur tersebut.
Menurutnya yang perlu diperhatikan adalah masalah distribusi dan ketersediaan pangan tambahan serta obatan-obatan untuk perawatan.

Dengan demikian, unggas dan juga telur-telurnya yang keluar dari Suoh, dipastikan sehat dan selalu ada (kontinyu).

“Yang jelas stok telur selalu ada berapapun banyaknya. Persoalannya, kami kesulitan mengeluarkannya dari sini karena terkendala medan sulit.” (aga)

Tidak ada komentar