HEADLINE

Pertikara Berlangsung Hingga Sabtu

Gedungsurian, WL - 22 Juli 2011

Perkemahan Tingkat Bhayangkara (Pertikara) se-kabupaten Lampung Barat (Lambar) di Pekon Mekarjaya Kecamatan Gedungsurian yang digelar polres setempat, dibuka Kepala Kwartir Cabang (Kakwarcab) Lambar Drs. H. Sudirman, MM mewakili Bupati Drs. H. Mukhlis Basri, MM, Kamis (21/7).

Perkemahan yang diikuti anggota saka bhayangkara binaan seluruh polsek se-Lambar tersebut dijadualkan berlangsung hingga Sabtu (23/7). Itu dalam rangka pembinaan terhadap saka bhayangkara dalam memberikan dorongan dan motivasi serta memacu kemajuan dan perkembangannya di Lambar.
Hal tersebut dijelaskan Sudirman kepada Warta Lambar, Kamis (21/7). Menurutnya, secara bertahap citra dan kinerja saka bhayangkara di daerah tersebut semakin membaik dan minat kaum muda terhadap kegiatan tersebut meningkat. Bersamaan dengan itu, berbagai kegiatan perkemahan saka bhayangkara telah banyak dilakukan.

Masih kata Sudirman, tujuan Pertikara adalah mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian, dan akhlak mulia pada masa depan dan keikutsertaan para anggota saka bhayangkara dalam kegiatan tersebut juga diharapkan dapat memberikan yang terbaik bagi sekolah dan kecamatannya masing-masing.

Ditambahkan, saka bhayangkara yang tergabung dalam Pertikara Cabang Lambar, bertujuan membentuk setiap anggota agar memiliki keperibadian yang beriman, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI dan daerah tercinta Lambar, mengamalkan pancasila serta lingkungan hidup.

Masih kata Sudirman, kegiatan saka bhayangkara merupakan salah satu cara peningkatan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan serta ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif. “Sementara inti pokok peningkatan fungsi saka bhayangkara adalah penetapan standar,” jelasnya.

Pendidikan saka bhayangkara merupakan upaya pencapaian kompetensi peserta didik, sehingga menghasilkan peserta yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan kompetensi yang dapat diandalkan. Hakekat dasar pendidikan saka bhayangkara, adalah peningkatan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kemasyarakatan.

Terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Kasat Bimas AKP Fanny Indrawan, menambahkan kegiatan tersebut selain mendidik seluruh anggota saka bhayangkara juga dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-65. “Saya berharap Pertikara ini berjalan lancar dan sukses,” tambahnya.

Camat Yuda Setiawan, SIP, mengatakan pihaknya berterima kasih atas digelarnya Pertikara tersebut karena banyak faedah yang dapat diambil. Seperti sebelum diadakanya perkemahan warga setempat dengan giat melakukan gotong-royong membersihkan jalan dan lingkungan. “Saya merasa bangga dengan diadakannya Pertikara di Gedungsurian,” pungkasnya. (san)

Tidak ada komentar