HEADLINE

Karsing, Membantu Perkonomian Warga

Lemong, WL

Karsing (rumput laut) tumbuh-tumbuhan yang hidupnya di laut beberapa bulan terakhir dimanfaatkan warga Pekon Waybatang Kecamatan Lemong Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk membantu ekonomi keluarga.

Hal itu dikatakan Mursal, warga setempat, meskipun harga priduk tersebut tidak terlalu tinggi namun itu bisa membantu keuangan dapur yang selama ini membelit. “Harga karsing saat ini Rp700/Kg dan pencariannya terbilang cukup sulit karena di sini ombaknya cukup besar,” ungkapnya.

Masih kata dia, karsing yang dulunya digunakan sebagai umpan mencari ikan, saat ini bisa menjadi alat penambal ekonomi, meski cukup diminati penyusutan karsing apabila sudah dikeringkan selama beberapa hari, cukup besar.

Menurut dia karsing digunakan untuk makanan ikan dengan diolah terlebih dulu, mulai dicari pembeli sejak bulan Februari itu dengan harga hanya Rp250/Kg dan saat ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Hal itu menandakan permintaan pasar mengalami kenaikan. “Kami sangat berterima kasih kepada pembeli karsing karena selama ini masalah ekonomi kami yang membelit dapat terbantu dengan hasil penjualan karsing itu. Meskipun tak mudah untuk mencari jenis tumbuhan laut itu,” pungkasnya. (nov)

Tidak ada komentar