HEADLINE

Dishub Lampung Siapkan Ribuan Armada

Bandarlampung, WL - 22 Juli 2011

Mengantisipasi arus mudik Lebaran, menjelang Romadlon tahun nini, Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung menyiapkan ribuan angkutan darat, laut, dan udara. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Lampung, Eman Hendrawan kepada Warta Lambar, Kamis (21/70.

Eman merincikan, untuk transportasi darat disiapkan armada 1.257 bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dengan kapasitas penumpang 31.746 orang. Sedangkan untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebanyak 545 dengan kapasitas 27. 250 penumpang. “Namun semua itu belum bisa dipastikan, karena menunggu uji kelaikan 8 Agustus hingga H-7 Lebaran," ungkap Eman.

Selain itu, disiapkan pula 407 angkutan antarjemput dalam provinsi (AJDP) dan 72 antarprovinsi dengan kapasitas masing-masing 1.727 dan 576 penumpang. Kemudian kendaraan travel disiapkan 60 armada dengan kapasitas 480.

Untuk angkutan transportasi laut, Dishub Lampung menyiapkan 33 unit kapal roro, tiga kapal bantuan, dan dua unit kapal cepat. "Kami siapkan lebih banyak untuk mengantisipasi lonjakan pemudik karena Lampung adalah gerbang Sumatera. Kapal-kapal juga kemungkinan tidak rusak/docking," kata Eman.

Begitupun untuk kereta api dan transportasi udara. "Akan ada tiga kereta api, yaitu Limex Sriwijaya, Rajabasa dan Seminung berkapasitas 1.982 penumpang untuk tujuan dalam Lampung dan Sumatera Selatan. Beberapa penerbangan juga akan menambah jumlah penerbangan, jurusan, dan kapasitas."

Eman mengatakan kalau angkutan Lebaran tahun ini akan semakin diperbaiki kualitas dan pelayanannya karena prediksi lonjakan penumpang. (len)

Tidak ada komentar