HEADLINE

Ribuan Pendukung Antar Edy-Pai Daftar KPU | KPU Nyatakan Berkas Edy-Pai lengkap

LAMPUNG BARATPasangan bakal calon (Paslon) bupati-wakil bupati (Wabup) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) 2017-2022 yang didukung gabungan enam partai politik (Parpol), DR. H. Edy Irawan Arief, S.E., M.Ec. - H. Ulul Azmi Soltiansa, S.H. alias Paisol, mendaftarkan diri sebagai peserta pemilukada di daerah Beguai Jejama Nganik Bebakong ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, kamis (22/9/2016).

Paslon yang lebih dikenal dengan Edy-Pai tersebut diusung gabungan enam parpol terdiri atas Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKS, PKB, Partai Nasdem, dan PPP itu, sebelum mendaftar berbaur dengan dari 5.000-an massa perwakilan dari 15 kecamatan se-Lambar lengkap dengan kesenian daerah yang mencerminkan keberagaman etnis dan budayanya itu, menggelar deklarasi.

Tampak para ketua-sekretaris keenam parpol pendukung hadir plus segenap petinggi masing-masing partai lainnya. Seremoni itu juga tampak beda namun tetap khidmat dengan kehadiran kyai sepuh kaum nahdliyin (NU) Lampung, mukhtasyar NU Lampung K.H. Arief Makhya, yang tak lain ayah kandung Edy Irawan dan aktivis ’98 Andi Arief.

Kyai Arief Makhya yang sampai saat ini masih menjadi Imam Besar Masjid Al Furqon Kota Bandarlampung dalam usianya menginjak 93 tahun tetsebut masih tampak bersemangat. Bahkan dia juga didapuk panitia mengimami doa demi kelancaran dan kesuksesan pencalonan putranya, Edy Irawan, yang dikenal sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Saburai itu.

Seremoni berlangsung singkat karena mengejar waktu ke KPU. Akan tetapi, momentum singkat tersebut mampu menyedot perhatian masyarakat karena sempat memacetkan jalan meski hanya menggunakan satu jalur. Tak pelak sementara arus lalulintas terpaksa melambat karena banyaknya kendaraan dan pendukung Edy-Pai yang tumpah ruah ke jalur jalan lainnya.

Massa dikonsentrasikan di kediaman tokoh adat setempat bilangan Waymenaku, sekitar 1.000 meter dari kantor KPU dengan diarak dan diiringi oleh berbagai atraksi budaya serta dikawal ketat barisan Satgas Edy-Pai plus perkumpulan beladiri sebagaimana digeluti Paisol—sapaan akrab Ulul Azmi Soltiansa selama ini—karate.

Tiba di KPU sebelum zhuhur, paslon dan tim pemenangannya diterima di aula oleh lima komisioner lengkap plus ketua panwaskab dan teknis lainnya. Berkas pencalonanpun diminta dan diserahkan tim ke petugas untuk diperiksa dan diverifikasi satu persatu item. Hasilnya, secara administratif berkas pasangan ini lengkap dan akan diproses lebih lanjut sesuai tahapan yang telah ditetapkan.

“Setelah kami memeriksa secara cermat berkas yang disampikan tim pasangan calon, maka paslon Edy-Pai yang diusung koalisi enam parpol ini diterima dan akan diikutkan pada tahapan selanjutnya. Kalaupun nanti ada hal-hal yang perlu dilengkapi, tentu segera kami sampaikan ke pihak bersangkutan melalui liaision officer  (LO) atau penghubung,” ungkap Ketua KPU Imtizal, S.Sos.

Dengan mendaftranya paslonkada Edy-Pai, peserta pilkada Lambar15 Februari 2017 mendatang dipastikan hanya dua pasangan calon setelah sehari sebelumnya calon lain atas nama Parosil Mabsus-Mad Hasnurin yang diusung koalisi PDIP, PAN, Partai Golkar, dan PKPI juga mendaftar dan berkas pencalonannya dinyatakan lengkap .  

Usai mendaftar ke KPU, paslon Edy-Pai menggelar konferensi pers diikuti puluhan wartawan media cetak dan elektronik di Lambar. Banyak pertanyaan mengemuka, namun bisa dijawab oleh Edy Irawan. “Kesimpulannya, insya Alloh Lambar akan menjadi lebih baik, pembangunannya merata dan tidak terkonsentrasi pada kecamatan tertentu. Soal visi-misinya, nanti akan saya sampaikan pada debat kandidat,” pungkas Edy. (wartalambar.com/aga)

Tidak ada komentar