HEADLINE

Pj. Bupati Himbau Peratin Lebih Peka

PESISIR BARAT - Pj. Bupati Kabupaten Pesisir Barat (KPB), Kherlani, S.E., M.M., menghimbau seluruh peratin se-KPB agar dapat lebih peka terhadap segala kemungkinan yang bisa saja terjadi didalam pekon, itu dengan tujuan agar keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat terus terjaga. Himbauan kepekaan tersebut yang telah menjadi penyakit masyarakat yaitu narkoba, teroris, dan perselingkuhan.

"Wilayah KPB merupakan wilayah kelautan, lepas dari pantai adalah berhadapan langsung dengan samudra hindia. Artinya, seorang peratin harus peka segala kemungkinan yang bisa terjadi. Contohnya, narkoba dan teroris bisa saja masuk melalui jalur laut," ungkap Kherlani, disela-sela acara pengukuhan peratin se-KPB.

Menurut Kherlani, selanjutnya dari itu untuk menunjukkan kepekaan terhadap tiga penyakit masyarakat dimaksud yaitu segala aktivitas atau kejadian didalam pekon sosok peratin wajib hukumnya untuk mengetahuinya. "Tidak berlebihan jika saya katakan seorang peratin harus mengetahui sekecil apapun kejadian didalam pekon, seperti halnya siapapun yang berkunjung ke pekon jika sudah 1x24 jam wajib melapor, tidak lain tujuannya menghindari 3 hal yang sudah menjadi penyakit masyarakat tadi. Karena saya sangat tidak mau jika KPB di cap masyarakat luar sebagai sarangnya kasus narkoba, kasus teroris dan perselingkuhan," lanjut Kherlani.

Masih kata Pj. Bupati, tugas seorang peratin tidak lah mudah, terlebih untuk dapat mengetahui ketiga hal tersebut. Maka dari itu, peratin juga dihimbau untuk mampu menghidupkan pemerintahan, kedisiplinan dan ketertiban dalam bermasyarakat. Karena dengan ketiga harapan tersebut sudah dijalankan, maka harapan untuk menjadikan KPB yang sejahtera, aman dan nyaman dapat terwujud. "Mudah-mudahan seluruh peratin mampu menjalankan himbauan saya untuk kedepannya KPB yang lebih baik," tutup Kherlani.

Sementara ketika di singgung mengenai hubungannya dengan 16 sai batin marga se-KPB, yang dianggap Kherlani sebagai anggota DPR sementaranya, hingga kini pihaknya masih terus berupaya menjalin kerja sama dengan para sai batin tersebut. “Kami baru bertemu satu kali, dan dijadualkan pertemuan dengan 16 sai batin marga akan dilakukan setiap satu bulan sekaliu. Satyu bentuk dukungan para sai batin terhadap KPB yaitu, Sai Batin Marga Tenumbang baru saja menghibahkan tanah seluas 50 hektare yang merupakan hibah murni untuk dijadikan sebagai lokasi pembangunan perkantoran Pemkab Pesisir Barat nantinya,” pungkas Kherlani. (nov)

Tidak ada komentar