HEADLINE

Puskesmas Krui Lakukan Pengobatan Gratis Terhadap Lansia


PESISIR BARAT - Unit Pengelola Teknis (UPT) Dinas Kesehatan (Diskes) Puskesmas Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat (KPB) menggelar pengobatan gratis terhadap masyarakat yang telah lanjut usia (lansia) mulai dari Kecamatan Krui Selatan hingga Kecamatan Waykrui, kali ini pengobatan gratis yang dilakukan oleh Bidan Desa (Bindes) itu dilangsungkan di Pekon Lintik Kecamatan Krui Selatan.

Demikian dijelaskan Kepala Puskesmas Krui, Suswandi, S.Km., ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Rabu (29/5), bahwa pihaknya kini tengah menggalakkan pengobatan gratis terhadap masyarakat lansia. Hal itu dimulai sejak Januari lalu dan hingga kini masih terus dikerjakan. "Pengobatan gratis hari ini (kemarin) dilakukan di Lintik oleh Bindesnya, dan cukup banyak masyarakat lansia yang hadir ke Pustu untuk melakukan pengobatan. Artinya kegiatan yang merupakan program nasional ini disambut antusias oleh masyarakat, utamanya lansia," ujar Suswandi.

Suswandi menjelaskan, dilangsungkannya pengobatan gratis tersebut bertujuan agar pihaknya dapat mengetahui keluhan serta penyakit yang diderita oleh para lansia dan ketika pihaknya telah mengetahui keluhan para lansia, para bindes langsung memberikan penanganan. "Umumnya yang dikeluhkan para lansia yang sudah melakukan pengobatan adalah reumatik dan maag, namun kita langsung menanggapinya dengan segera melakukan pengobatannya," lanjutnya.

Masih kata Suswandi, pihaknya berharap agar pengobatan tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat, demi terjaganya kesehatan para lansia tersebut. "Hingga kini pengobatan yang kita lakukan diperkirakan tidak lama lagi akan rampung, dan sejauh ini dari hasil pengobatan yang kita lakukan cukup diterima karena telah banyak para lansia yang secara bertahap kesehatannya sudah kembali normal," pungkasnya.

Sementara Ibu Peratin Pekon Lintik, Neti, menambahkan pihaknya cukup berterima kasih dengan program yang telah dilakukan oleh Puskesmas Krui tersebut. Pasalnya, cukup banyak masyarakat yang telah lansia turut serta dalam kegiatan tersebut. "Kami berterima kasih dengan pihak puskesmas krui dengan dilangsungkannya kegiatan ini banyak para lansia kami yang menderita berbagai penyakit kini mulai terobati," ungkapnya senang. (nov)

Tidak ada komentar