HEADLINE

Gapoktan Gunungterang Produksi Dodol Labu Siam


Airhitam, WL

Demi majunya sebuah kelompok, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pekon Gunungterang Kecamatan Airhitam Kabupaten Lampung Barat (Lambar) membentuk usaha produktif berupa pembuatan dodol labu siam.

Usaha dimaksud membantu poktan-poktan yang ada, apalagi dari hasil yang diperoleh dalam memroduksi makanan berbahan dasar labu siam itu tidak sedikit pemasukan yang diterima setiap bulannya.

Hal tersebut dijelaskan Jurutulis Suparyoto yang juga salah seorang koordinator kepengurusan gapoktan tersebut kepada Warta Lambar, Kamis (11/8). Lanjut dia, untuk produksi hasil usaha selain menerima pesanan, gapoktan tersebut juga telah memiliki kios sendiri yang disebut warung organik.

Di kios itu, selain menjual dodol labu siam warung tersebut juga menjual, kopi organik, kerajinan anyaman bambu, serta susu kambing, yang kesemuanya adalah hasil kegiatan gapoktan dimaksud. Suparyoto menambahkan kegiatan dimaksud membantu kehidupan petani di pekon itu.

Sebab, petani di pekon itu merupakan petani kopi yang hanya panen setahun sekali. Sementara pada saat tanaman kopi belum menghasilkan, petani harus mencari pekerjaan lain untuk menghidupi keluarga. Namun dengan adanya kelompok tani, yang di koordinir pekon dan Dinas Pertanian, mereka dapat meningkatkan usaha melalui kegiatan tersebut.

“Saya mengharapkan kelompok selalu belajar supaya Pekon Gunungterang lebih maju. Kepada dnas terkait untuk selalu memperhatikan dan memantau kegiatan-kegiatan itu mengingat warga di sini masih membutuhkan pengetahuan dalam hal-hal demikian,” pungkasnya. (san)

Tidak ada komentar