HEADLINE

SEMARAK MALAM MINGGU (Edisi 80)_CERPEN ARI VIDIANTO

Redaksi Menerima Naskah
Kirim Puisi Minimal 5 Judul, Cerpen dan tulisan-tulisan lainnya. Lengkapi dengan biodata dan sejarah ringkas tentang dunia kepenulisanmu. Semua naskah dalam satu file MS Word
dikirim ke e-mail: riduanhamsyah@gmail.com
(Mohon maaf sebelumnya, program ini belum bisa memberikan honorium, cuma sebagai apresiasi untuk turut meramaikan dunia literasi tanah air kita. Salam)




Cerpen Ari Vidianto

KEKASIH YANG TERBAIK

       
Dadaku masih panas, karena amarah masih terpendam sampai saat ini. Kemarin aku diputuskan pacarku. Entah apa masalahnya sampai dia tega memutuskan aku. Siang ini udara pun terasa panas seakan ikut berkabung dengan keadaanku saat ini. Gontai kulangkahkan kakiku, malas rasanya pulang ke rumah. Aku pun singgah di sebuah masjid tak jauh dari sekolahku. Pikiranku agak mendingan sedikit setelah shalat dhuhur kujalankan. Setelah perasaanku lega aku pun melanjutkan perjalananku ke rumah. Saat di jalan tanpa sengaja aku bertemu dengan gadis yang memutuskan aku, dia bernama Vela. Wajahnya memang cantik tapi sikapnya arogan, itu pun bisa aku pahami setelah dua bulan pacaran kita. 
       
Saat dia mau menyebrang jalan, uangnya jatuh dan saat itu juga sebuah bus besar melaju cepat didepannya. Semua orang yang melihat berteriak-teriak histeris tapi Vela sudah tidak bisa apa-apa. Dan tanpa pikir panjang aku pun segera melesat dan menyelamatkan Vela. Karena melakukan itu tanganku pun berdarah. Dan darahku mengenai wajahnya, belum sempat dia mengucapkan terima kasih. Aku segera pergi meninggalkannya.

      “ Anto….,”  ucap lirih Vela.


                                                        ***
Setelah kejadian itu Vela merasa malu sekali bila bertemu Anto. Tanganku yang berdarah telah terbalut perban. Anto pun sudah tidak memperdulikan Vela. Setelah pulang sekolah seperti biasa aku selalu pergi ke taman, ternyata diam-diam Vela mengikutiku. Ketika Vela akan mendekatiku tiba-tiba saja ada beberapa anak kecil yang sedang berlari-lari disampingnya. Dan ada satu anakyang terjatuh dan menangis. Melihat itu Anto segera menolongnya. Anak itu masih kesakitan lalu minta digendong menuju rumahnya. Anto segera menuju rumah anak itu, sementara Vela masih mengikutinya. Sepuluh menit kemudian Anto sudah sampai di rumah anak itu.

            “ Assalamualaikum!” salam Anto

              “ Waalaikumsalam!” terdengar jawaban dari dalam. Ketika pintu dibuka terlihat gadis yang cantik sekali.

             “ Kakak!” seru adik kecil ini. Ternyata dia kakaknya. Lalu Anto dipersilahkan masuk ke rumah. Lalu Anto pun menceritakan kejadian tadi sampai selesai. Gadis ini mengucapkan terima kasih. Lalu Anto berkenalan dengan gadis itu, dia bernama Erlin. Anto pun berbincang-bincang tentang semua hal, dan langsung akrab. Anto pun seolah menemukan semangat baru dalam hidupnya. Sementara itu diluar Vela menunggu dengan cemas. 

          “ Kok Anto lama sekali ya?” pikir Vela. Akhirnya Vela pun meninggalkan rumah Erlin.

Selepas kepergian Vela, Anto pun segera berpamitan dan Erlin pun mengantar sampai ke depan rumah. Mereka saling senyum dan melambaikan tangan.

                                                                ***


          Keesokan harinya saat di sekolah, dompet Anto diambil oleh Arvi. Di dalam dompet Anto masih ada foto Vela dan Arvi mengagumi foto itu. Lalu foto itu diambil Anto kembali dan segera disobek-sobek. Melihat kejadian itu Vela hanya bisa hanya terdiam saja, karena diantara mereka sudah tidak ada hubungan. Tetapi Vela memberanikan diri bertany pada Anto.

          “ To, kenapa fotoku kau sobek-sobek?” tanya Vela penasaran. Tetapi Anto hanya diam saja.Dan segera berlalu meninggalkan Vela. Tanpa terasa air mata Vela mengalir, dia menyesal kenapa kemarin memutuskan Anto.

                                                                 ***

         Hari minggu yang cerah Anto lari-lari pagi seorang diri, ditengah perjalanan ia bertemu dengan Erlin.

         “ Lin, lari-lari juga?” sapa Anto.

         “ Ya nih To,” jawab Erlin malu-malu.

         “ Aku jadi ada temen nih,” kata Anto. Erlin pun hanya mengangguk. Mereka pun lari pagi bersama-sama sambil bercerita tentang banyak hal. Tetepi tiba-tiba Erlin terjatuh dan kakinya terkilir. Dia pun kesakitan. Lalu Anto menawarkan diri untuk menggendongnya sampai ke rumah. Pada awalnya Erlin menolak dan mencoba berjalan sendiri, tetapi tidak bisa. Akhirnya dia pun menerima tawaran Anto. Erlin pun di gendong Anto sampai ke rumahnya. Setelah sampai di rumah adiknya kaget dan segera membukakan pintu. Anto pun menyandarkan tubuh Erlin di kursi. Lalu segera mengobati kaki Erlin dengan balsem oles. Dan perlahan-lahan kaki Erlin sembuh juga. Erlin pun mengucapkan terima kasih pada Anto. Hari semakin siang sebelum pulang Anto ingin mengutarakan isi hatinya pada Erlin.

         “ Lin, semenjak aku pertama bertemu denganmu,sepertinya aku langsung menyukaimu. Maukah kau jadi pacarkau?” tanya Anto dengan jantung yang berdebar-debar.

         “ Iya aku pun sama. Saat pertama kali aku bertemu denganmu, benih-benih cinta dalam hatiku telah tumbuh. Dan aku mau menjadi pacarmu,” jawab Erlin dengan malu-malu dan pipi yang memerah.

        “ Jadi kau menerimaku Lin?” tanya Anto girang.

        “ Iya,” jawab Erlin singkat.

        “ Makasih ya Lin! ” seru Anto kegirangan sambil memegang tangan Erlin erat-erat karena mendapat pacar baru pengganti Vela.

       “ Iya sama-sama Mas Anto,” jawab Erlin dengan sopan.

      “ Dia langsung memanggilku Mas, Erlin betul-betul gadis yang sopan, dia tidak seperti Vela yang selalu memanggilku dengan menyebut namaku,” kata Anto dalam hati.

      “ Cie-cie yang baru jadian!” seru adik Erlin sambil senyum-senyum. Kami pun jadi malu-malu di lihatin anak kecil.

      “ Anak kecil tahu apa sih?” jawab kami bebarengan.

     “ Hehehe….” adik Erlin hanya tertawa kecil dan langsung lari ke dalam kamarnya. Kami yang melihat hanya tertawa-tawa. Hari ini Anto sangat bahagia karena telah mendapat kekasih yang terbaik dalam hidupnya. Dan ia berdoa semoga hubungannya dengan Erlin akan sampai ke jenjang pernikahan dan akan bahagia selamanya.

                                                                                                   

                                                            Selesai
                                                             ****


Tentang Penulis

Ari Vidianto,lahir di Banyumas, 27 Januari 1984. Bekerja sebagai Guru di SD Negeri 2 Lumbir. Bukunya yang sudah terbit yaitu Ibu Maafkan Aku ( Pustaka Kata, 2015 ) & Wajah-Wajah Penuh Cinta ( Pustaka Kata, 2016 ). 17 buku Antologi  dan banyak karya yang dimuat di Media Massa seperti di Majalah Sang Guru, Ancas, SatelitPost, Tabloid Gaul, Readzone.com, Buanakata.com, Sultrakini.Com, Riaurealita.Com, Duta Masyarakat, Solopos, Wartalambar.Com, Sastranesia.Com, Radar Mojokerto, Kedaulatan Rakyat dll.

Tidak ada komentar