HEADLINE

Panwas Rakor dan Pemantapan Tahapan



LAMPUNG BARAT - Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) Lampung Barat (Lambar) menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) tahun 2017 di Kecamatan Sekincau, Rabu (12/10/2016).

Rakor yang dihadiri Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung Nazaruddin Togakratu dan tiga komisioner panwaskab setempat, Ahmad Soleh, Doni Risadi, dan Izhar tersebut dilangsungkan di Sekincau-Suoh, 12-13 Oktober diikutu seluruh anggota panwascam dan staf pengawasan.

Doni Risadi dalam penjelasannya, menjelaskan rakor dimaksudkan sebagai upaya memacu kinerja pengawasan yang dilaksanakan struktur panwaskab hingg PPL (tingkat pekon).

"Karena terdapat hal baru dalam Pilkada 2017, yaitu pengawasan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Pengawasan dilakukan oleh pengawas pemilihan tingkat pekon. Apabila belum terbentuk, pengawasan dilakukan oleh pengawas pemilihan satu tingkat diatasnya yaitu panwascam,” jelasnya.


Selanjutnya, pengawas pemilihan harus melakukan pengawasan terhadap proses mutarlih, terutama penilaian terhadap kepatuhan pelaksanaan prosedur mutarlih. 

Antara lain coklit dan pelaksanaanya, pleno perbaikan/penetapan DPS dan DPT, pelaksanaan pengumuman, dan tindak lanjut panwascam.(wartalambar.com/aka)

Tidak ada komentar