HEADLINE

Rokhmin Dahuri Kunjungi Pesibar

Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S.  
PESISIR BARAT - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar rapat koordinasi (Rakor) bulanan di GSG Selalaw Krui, Selasa (12 April 2016), menghadirkan Guru Besar Fakultas Perikanan dan Keluatan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S. memaparkan konsep bidang kelautan, perikanan, kelistrikan dan energi terbarukan dihadiri Bupati-Wakil Bupati (Wabup) Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H.-Erlina, S.P., M.H. dan jajaran, Ketua DPRD Piddinuri, Forkopimda, serta peratin (kepala desa) se-Pesibar.

Rokhmin yang pernah menjabat menteri bidang kelautan tersebut memaparkan konsepnya di hadapan petinggi kabupaten paling bontot di Lampung itu merujuk potensi yang ada, seperti di bidang kelautan, perikanan, pariwisata, dan juga energi terbarukan. Intinya, Rokhmin mengajak seluruh stakeholder terkait agar melakukan pengelolaan atas potensi yang ada serta melakukan upaya pengayaan pengemasan dan juga penjualannya  dengan tetap memperhatikan kearifan lokal.

Bupati Agus Istiqlal  menjelaskan Pesibar merupakan kabupaten yang terus berupaya mengejar ketertinggalan dari 14 saudara tuanya kabupaten/kota di Lampung dan terus menumbuhkan semangat dalam upaya percepatan pembangunan termasuk, di bidang kelautan, perikanan, kelistrikan dan energi terbarukan.

Sebab itu Agus meminta seluruh SKPD dan peratin yang mengikuti rakor tersebut memahami penjelasan yang disampaikan tim ahli dalam menggali lebih dalam lagi potensi yang dimiliki Pesibar. "Ini menjadi tonggak bagi kita semua untuk bisa memulai langkah dalam upaya terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terkelolanya potensi dengan maksimal, yang tentunya berdampak kemajuan daerah," harap Agus.

Menurut Agus, potensi wisata bahari sektor kelautan yang terbentang luas, ketersediaan perikanan yang sangat banyak sampai saat ini belum mampu terkelola dengan maksimal, ditambah keterpurukan pelayanan listrik yang terus bertambah parah. Dengan adanya penjelasan dari tim ahli dari IPB tersebut, diminta tidak menjadi kegiatan yang percuma agar Pesibar ke depannya mampu menjadi sebuah kabupaten yang menjadi pengungkit kemajuan di Provinsi Lampung. "Kalau potensi-potensi yang kita miliki bisa dikelola dengan maksimal, saya yakin hanya hitungan beberapa tahun ke depan Pesibar menjadi kabupaten termaju di Lampung," pungkas Agus. (wartalambar.com | aga)

Tidak ada komentar