HEADLINE

Longsor di Tebu, Telan Korban

KEBUN TEBU - Terjadi Tanah longsor di perbukitan Pemangku Budiasih Pekon Tribudi Makmur Kecamatan Kebun Tebu sekitar pukul 17.00 WIB Jumat, 18 Maret 2016. Menimbun areal persawahan dan menelan korban An. Rusman (42 Th) petani dari Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu.

Pasca kejadian, masyarakat bersama dengan tim SAR BPBD, Satpol. PP, Koramil, Polsek dan PMI langsung melakukan pencarian. Bupati Lambar, Mukhlis Basri, juga ketua DPRD, Edi Novial, juga nampak ikut turun ke lokasi pencarian.

Pencarian dilakukan hingga pukul 22.30 dan terpaksa dihentikan atas instruksi bupati karena peralatan yang minim dan kekhawatiran akan terjadinya longsor susulan.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dari lokasi kejadian dan sejumlah saksi, longsor terjadi karena tanah yang labil. Setidaknya sembilan hektar lahan perkebunan kopi dan persawahan masyarakat setempat, rusak tertimbun. “Satu korban dinyatakan hilang, sementara empat lainnya berhasil menyelamatkan diri,” ujar Kabid Pelayanan PMI Lampung Barat, Meriansyah, di lokasi pencarian.

Menurut penuturan korban yang berhasil selamat dari peristiwa yang mengerikan tersebut, kata dia, detik-detik sebelum terjadi longsor, korban bersama dengan empat temannya tengah memancing. Tidak lama berselang, dua lainnya berpindah lokasi dan korban bersama dua rekannya tidak bergeming memancing di lokasi lonsoran. “Saat terdengar suara bergemuruh, korban diingatkan untuk segera lari. Namun korban masih hendak mengemasi pancingnya terlebih dahulu dan tidak sempat lari” ujar Meriansyah menirukan penuturan salah seorang korban selamat.

Meriansyah mengaku, mengalami kesulitan saat melaksanakan pencarian. Selain peralatan yang minim, jarak pandang yang hanya beberapa meter, membuat pecarian cukup sulit, meskipun sudah dibantu oleh penerangan menggunakan genset. Pencarian korban akan dilanjutkan pagi hari Sabtu, 19 Maret 2016 (wartalambar.com | toh)

Tidak ada komentar