HEADLINE

Kecamatan Way Tenong Juara Umum MTQ Ke-20 Kabupaten Lampung Barat

Penyerahan Piala Bergilir
BALIK BUKIT - Penutupan Musabaqoh Tilawatil Quran( MTQ) yang Ke-20 Tingkat Kabupaten Lampung Barat  tahun 2016 yang telah berlangsung beberapa hari yang lalu yang dipusatkan di Arena Utama MTQ Islamic Center Kawasan Sekuting Terpadu Balik-Bukit Sabtu, 27 Februari 2016 pukul 20.00 WIB. Dalam hal tersebut Sebagai Juara Umum pada MTQ Ke 20 Yaitu Kecamatan Way Tenong.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD, Forkompimda, Ketua LPTQ Provinsi, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat, Dharma Wanita, TP PKK, Dewan Hakim MTQ, Para Kafilah, Panitia Penyelenggara, Para Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokkoh Masyarakat, serta Tokoh Pemuda.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri MM dalam hal tersebut di wakilkan Oleh Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan Ir. Noviardi Kuswan  menyampaikan Selamat Kepada Kecamatan Way Tenong Yang telah berhasil Meraih Juara umum MTQ Tingkat Kabupaten Lampung Barat. MTQ ini merupakan wahana ideal dalam upaya meningkatkan ukhuwah islamiyah dan mempererat silaturahmi antar sesama.

Dikatakanya juga bahwa kegiatan MTQ ini patut dijadikan perhatian dalam semua hal karena Al-Quran mengajarkan kebenaran dan tata nilai yang kekal dan harus di yakini, di hayati dan di amalkan oleh ummat muslim. “Mari Kita Menetapkan Jalinan Islamiyah sebagai dasar terciptanya persaudaran  dengan harapan dapat menumbuhkan solidaritas, rasa persatuan dan keatuan yang kokoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menuju masyarakat yang sejahtera lahir dan batin”,Jelasnya.

Kemudian disampaikanya juga bahwa MTQ ke 20 tingkat Kabupaten Lampung Barat yang telah dilaksanakan ini memiliki misi dan makna yang cukup penting dan strategis, tidak hanya karena dapat meningkatkan minat baca umat islam terhadap kitab suci Al-Quran namun juga mengajak umat islam mampu menghayati serta mengamalkan isi kandungan dalam Al-Quran dalam rangka meningkatkan Syiar Islam di kabupaten Lambar sekaligus dalam kehidupan sehari-hari.

Pihaknya juga berharap pelaksanaan MTQ  yang diadakan setiap tahun ini hendaknya jangan dijadikan kegiatan seremonial tahunan saja, tetapi hendaknya dijadikan tolak ukur dan evaluasi bagi masyarakat dalam memahami dan mendalami isi kandungan Al-Quran. “ MTQ ini hendaknya dijadikan sebagai media Dakwah dalam Mengambangkan isi Al-Quran sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, serta mengingat dan menghayati isi Al-Quran yang sangat syarat dengan aturean-aturan yang merupakan pedoman serta petunjuk bagi umat manusia guna menuju kebahgaian dan kesejahteraan lahir dan Batin”, Ungkapnya.

Disampaikanya juga bahwa dari hasil MTQ ini  nantinya aka nada pembinaan lagi bagi Qori-Qori’ah terbaik guna persiapan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Lamnpung yang rencananya akan dilangsungkan di Kabupaten Tanggamus Pada bulan April Mendatang.” Bagi Para peserta yang belum berhasil meraih prestasi pada kesempatan MTQ ini diharapkan dapat memacu diri, berlatih dengan lebih giant lagi demi mencapai keberhasilan MTQ yang akan Datang, dan bagi yang sudah berhasil agar lebih giat lagi dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, hal ini karena  bukanlah pekerjaan yang mudah harus dilakukan dengan kerja keras dari segenap jajaran pengurus LPTQ Kabupaten Lambar, Para Pembina, Qori dan Qoriah serta Masyarakat pada umumnya”, Tutupnya.

Sementara itu berdasarkan Laporan dari Ketua Umum Panitia Penyelenggara MTQ XX ,  H. Nirlan SH., yang di wakilkan oleh Kabag Kesra, Danang hari Suseno., menyampaikan rangkain MTQ ke 20 Tingkat Kabupaten Pada selasa 23 Februari 2016 yang lalu dengan berbagai kegiatan mulai dari penerimaan pendaftaran para kafilah,dilanjutkan dengan pawai Ta’aruf dan pembukaan MTQ secara resmi dibuka oleh Bupati Lampung Barat berjalan dengan Sukses dan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Hal tersebut adalah sebagai komitmen untuk mendukung keberadaan putera daerah Lampung Barat, maka apabila setelah diumumkan nama-nama pemenang masih terdapat peserta yang diindikasikan kuat dari luar Lampung barat atau telah menjadi penyelanggra MTQ Tingkat Provinsi Ke 44 di kabupaten Tanggamus yang akan datang, maka kejuaran dan hadiah akan di cabut kembali.

“MTQ ini telah menghasilkan peserta terbaik menurut cabang dan golongannya,pada momen MTQ kali ini terdapat nuansa yang berbeda dan telah dilaksnakan pada MTQ sebelumnya, yaitu dengan adanya lomba Qosidah yang bekerjasama  dengan lembaga seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Lambar di Bawah pimpinan Ibu Dra. Hj. Helwiyati Mukhlis Basri”,Jelasnya.

Dikatanya juga bahwa kegiatan tersebut untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ sekaligus untuk memasyarakatkan Qasidah di tengah-tengah masyarakat sekaligus sebagai ajang pencarian bakat dan peserta ke tingkat Provinsi dengan diikuti oleh kurang lebih 30 peserta  dengan pemenang lomba juara Qasidah Kategori Golongan Pelajar Juara III dengan nilai 271 di raih oleh Grup Qasidah Asoka dari Kecamatan Way Tenong, Juara II dengan Nilai 283 diraih oleh Grup Qasidah Azzahra 2 dari Kecamatan Pagar Dewa, dan juara I  dengan nilai 303 diraih grup qasidah Humairoh Kecamatan Sekincau.

“Untuk kategori Golongan Yunior  juara III denganb nilai 269 di raih oleh grup qasidah Al-Istiqomah Kecamatan Way Tenong, Juara II dengan Nilai 278 diraih grup qasidah Syifaul Qolbi kecamatan kebun tebu, juara I dengan nilai 290,5 diraih oleh Grup Qasidah Al-Qirom Kecamatan Belalau”, Ujarnya.

Masih kata danang untuk kategori  Golongan senior juara III dengan nilai  279 diraih grup qasidah Assyafa dari kecamatan sumebrjaya, Juara II diraih dengan nilai 285 diraih grup qasidah Azzahra 1 kecamatan pagar Dewa, serta juara ke I dngan nilai 318 diraih grup qasidah Annur Al-Istiqomah Kecamatan Sekincau.

Kemudian disampaikanya juga bahwa untuk cabang Qasidah Juara umum di raih oleh Kecamatan Sekincau dengan jumlah point 10 dan berhak menerima piala bergilir Bupati Lambar serta hasil dari kegiatan pawai Ta’aruf  yang pelaksanaanya lomba meliputi  juara ke 3 dengan jumlah nilai 870 di raih oleh kafilah kecamatan Lumbok Seminung, juara kedua dengan jumlah nilai 873 diraih oleh BMPD( Badan Musyawarah Perbankan Daerah) serta juara pertama dengan jumlah nilai 879 diraih oleh Kafilah Kecamatan Air Hitam.

Sementara itu untuk diketahui untuk juara MTQ XX tahun 2016 Kabupaten Lampung Barat cabang tilawah Golongan Tartilul Qur’an putra  Juara I dengan no Peserta 18 atas nama Rizki dngan nilai 58,5 dari kecamatan Kebun tebu, Juara II dengan No peserta 4 Nur Hikmah dengan nilai  57 kecamatan way Tenong, Juara III dengan No. Peserta 20 Asep Misbahul Umam dengan nilai 53 dari Kecamatan Pagar Dewa, juara I Tingkat Putri  dengan No. Peserta I  atas nama Adeh  dengan nilai 58,5 Kecamatan sumber Jaya, Juara II No. Peserta 27 Putri Rosalia dengan nilai 57 dari kecamatan Gedung surian dan juara ke III diraih oleh Isma Hamidul Istiqomah dengan No Peserta 5 dengan nilai 54 dari Sekincau.

Selanjutnya untuk golongan anak-anak putra  dari kecamatan Kebun Tebu dengan jumlah nilai 89,75 dengan No,Peserta 48 atas nama Aminudin, juara II diraih oleh kecamatan Belalau dengan no peserta 38 dengan nilai 89,75 atas nama Dudung dan juara III diraih oleh kecamatan sekincau dengan no peserta 36 dengan nilai 86,75 atas nama Dapid Alkholik. Untuk golongan putri diraih oleh kecamatan Sumber Jaya dengan no peserta  31 dengan nilai 93 atas nama Delfa Septia, juara II dari kecamatan Way Tenong diraih oleh no peserta 33 dengan nilai 89 atas nama Ulfa Tania Putri, serta juara III diraih oleh Risnawati  dari kecamatan Gedung Surian dengan no peserta 57 mendapatkan nilai 88,5.

Golongan remaja putra yaitu juara I diraih oleh Aliyudin dengan no peserta 66 dngan nilai 91,5 dari kecamatan sekincau, juara II diraih oleh Andi Saputra  dengan no peserta 74 dengan nilai 90,5 dari kecamatan Balikbukit , dan juara III diraih oleh Rohidin  dengan no Peserta 72 dengan nilai 89,25 dari kecamatan Gedung Surian. Untuk golongan putrid diraih oleh Mumun dengen no Peserta 75 dengan nilai 90,75 dari kecamatan  sukau,juara II diraih oleh Qorei dengan no peserta 61 dengan nilai 89,5 dari kecamatan sumberjaya, juara III diraih oleh Maesaroh  dengan no peserta 87 dengan nilai  89 dari kecamatan Gedung Surian.
Golongan dewasa putra juara I diraih oleh Amintahyar dengan no peserta 104 dengan nilai 95,75 Dari Kecamatan Balik Bukit, juara II diraih oleh Abdul Halim dengan No pserta 92 dengan nilai 94 dari Kecamatan Sumberjaya, juara III diraih oleh Awaluddin dengan no peserta 110 dengan nilai 84,75 dari Kecamatan Pagar Dewa, dan untuk golongan dewasa putri diraih oleh jaura I Ika Pertiwi dengan no peserta 93 dengan nilai 98,25 dari kecamatan way Tenong, juara II diraih oleh Saenah  dengan No peserta 113 dengan nilai 88,5 dari kecamatan BNS, dan juara III diraih oleh Sunarsih dengan No. Peserta 107 dengan nilai 87 dari kecamatan Sumber jaya.

Golongan Cacat Netra Putra juara I diraih oleh Indra dengan No. peserta 122 dengan nilai 89,5 dari Kecamatan Sumber Jaya. Golongan cacat netra putri juara II diraih oleh partini dengan no peserta 123 dengan nilai 78,8 dari kecamatan way tenong.

Untuk cabang Qiro’atul Qur’an golongan Qiro’at sab’ah putra juara I diraih oleh Khoiril Amri dengan no Peserta 164 dengan nilai 91,25 dari Kecamatan Balikbukit, juara II diraih oleh Atay Taimia  dengan No. peserta 154 dengan nilai 89 dari kecamatan Way Tenong, juara III diraih oleh Andi dengan No peserta 152  dengan nilai 88 dari kecamatan sumber Jaya. Untuk cabang putrid  rini sigiarti dengan no peserta 171 dengan nilai 93,5 dari kecamatan Air Hitam, juara II diraih oleh Siti Nafisah No peserta 167 dengan nilai 89,5 dari kecamatan Kebun tebu, juara III diraih oleh Kasmianah dengan no peserta 151 dengan nilai 85,75 dari kecamatan Sumber Jaya.

Cabang Hifdzul Qur’an  golongan 1 Juz &Tilawah Putra  juara I diraih oleh Sunan Faiz Chakim dengan No. Peserta 194 dengan nilai 115,5 dari kecamatan Kebun tebu, juara II diraih oleh Didin Rohidin dengan no peserta 186 dengan nilai 113 dari kecamatan saekincau, juara III diraih olehn Agil Husnaini No. Peserta 182 dengan nilai 108,5 dari kecamatan Sumber Jaya. Dan untuk putri diraih oleh Puspa dengan No.Peserta 197 dengan nilai 122 dari Kecamatan Kebun Tebu, juara II diraih oleh    Ana Maratus Solihah  dengan No. 207 dengan nilai 115 dari kecamatan Gedung surian, jaura III diraih oleh Suci Fadila Riyanda  dengan No. 205 dengaN NILAI 111,5 berasal dari Kecamatan Lumbok seminun.

Golongan 5 Juz & Tilawah Putra juara I diraih oleh Ahmad Suja’I  dengan No. 232 dengan nilai 117 dari Air Hitam, juara II diraih oleh M.Fattahul Alim No. 214 dengan Nilai 106 dari Kecamatan Way Tenong, kemudian juara III diraih oleh Ipan Sanudi dengan No. 234 dengan nilai 100 dari kecamatan BNS. Untuk cabang putri juara I diraih oleh Masruroh dengan No. 211 dengan nilai 113,5 dari kecamatan Sumber Jaya, juara II diraih oleh Asmanah dengan nilai 231 dengan nilai 113 dari kecamatan Air Hitam, juara III diraih oleh Qurrota A’yun No. 225 dengan nilai 108,5 dari kecamatan Sukau.
Selanjutnya 10 juz Putra  juara I diraih oleh Lukman  No. 248 dengan nilai 72,5 dari kecamatan Kebun tebu. 10 juz Putri  juara I diraih oleh Fina Nuriah Rohimatul dengan No. 261 dengan nilai 107 dari kecamatan Air Hitam, juara II diraih oleh Lailatul Qodriyah No.243 dengan Nilai 106,5 dari kecamatan Way Tenong, juara III diraih oleh Isma Latifah dengan No. 257 dengan nilai 92 dari kecamatan Kebun Tebu.
20 Juz Putra juara I diraih oleh  M.Syaefudin dengan No.292 dengan nilai 97,5 dari kecamatan Air Hitam, juara II diraih oleh Ilham dengan No. 288 dengan nilai 75,5 dari kecamatan Kebun Tebu. Untuk putri juara I diraih oleh Rusmiah  No. 273 dengan nilai 76 dari kecamatan Way Tenong, juara II diraih oleh Taprikah  No. 271 dengan nilai 70 dari kecamatan Sumber jaya, juara III diraih oleh Suminah dengan dengan No. 291 dengan nilai 58 dari kecamatan Air Hitam.

Untuk juz 30 Putra diraih oleh Sadam Husen No. 318 dengan  nilai 81 dari kecamatan kebun tebu, dan untuk golongan Putri juara I diraih oleh Inayah No.303 dengan nilai 98,5 dari kecamatan Way Tenong, Juara II diraih oleh Siti Mariam  No. 327 dengan nilai 70 dari kecamatan Gedung surian.

Tafsirul qur’an  golongan Bahasa Indonesia Putra Juara I diraih Lutfi FUad dengan No. 374 dengan nilai 145,5 dari Kecamatan Balik-Bukit juara II diraih oleh M.Ridho dengan No. 390 dengan nilai 92 dari Kecamatan Batu Ketulis, juara III diraih oleh Nurgianto No. 366 dengan nilai 90 dari kecamatan Sekincau. Serta untuk putri juara III diraih oleh Nur Hasanah dengan No. 545 dengan nilai 70 dari Kecamatan Sekincau.
Fahmil Qur’an Campuran juara I diraih dengan Regu F dengan nilai 1090 dari Kecamatan Kebun Tebu, Campuran Juara II  Regu K nilai 990 dari Kecamatan air Hitam  Juara III Regu M dengan nilai 890 dari kecamatan Belalau. Untuk cabang Syarhil Qur’an jaura I diraih oleh Grup I dengan  nilai 86,5 dari kecamatan Air Hitam, juara II di raih oleh Grup F dengan Nilai 85,5 dari Kecamatan Suoh, juara III diraih oleh Grup L dengan Nilai 83 dari Kecamatan  Kebun Tebu.

Khottil Qur’an  golongan Naskah Putra diraih oleh juara I Nurrohman  dengan No. B-394 dengan nilai 79,6 dari Kecamatan Way Tenong, juara II diraih oleh Fatkhorrohman  dengan No.396 dengan nilai 79 dari kecamatan Sekincau, juara III diraih oleh Ibadurrohman  dengan No.B-410 dengan 76,6 dari Kecamatan Pagar Dewa. Sedangkan untuk golongan putri juara I diraih oleh Fitri Lidawati No. B-395 dengan nilai 78 dari Kecamatan sekincau, juara II diraih oleh Ria Ariska No.B-391 dengan nilai 72,3 dari Kecamatan sumber Jaya, juara III diraih oleh Nunung Rusmana dengan No. B-407 dengan nilai 71 dari kecamatan Kebun Tebu.

Kemudian Golongan Hiasan Mushaf Putra Juara I diraih oleh  Bari Hanu Rois No. H-440 dengan nilai 240 dari kecamatan Pagar Dewa, Juara II diraih oleh Frema Widiyantoro No. H-426 dengan nilai 238 dari Kecamatan Sekincau, juara III diraih oleh Heriyanto No. H-438 dengan nilai 232 dar Kecamatan Kebun Tebu. Untuk golongan Putri Juara I diraih oleh Siti Maemunah No.H-423 dengan nilai 237 dari Kecamatan Way tenong, Juara II diraih oleh Eva Sahara No. H-425 dengan nilai 229 dari Kecamatan Sekincau, juara III diraih oleh Vivi Nurdiana  No.H-449 dengan nilai 224 dari Kecamatan Batu Ketulis.

Golongan dekorasi putra juara I diraih oleh Sandri Frayoka No. D-468 dengan nilai 77,3 dari Kecamatan Kebun Tebu, juara II diraih oleh S. Umam No. D-472 dengan nilai 75,6 dari Kecamatan Air Hitam, Juara III diraih oleh Mustakim No.D-456 dengan nilai 74 dari Kecamatan Sekincau. Untuk putrid Juara I diraih oleh Lindawati Dewi No. D-455 dengan nilai 75,3 dari Kecamatan Sekincau.

Golongan Kontemporer Putra juara I diraih oleh M. Yamin No. K-496 dengan nilai 77,3 dari Kecamatan Sukau, Juara II diraih oleh Sirojul Umam No.K-486 dengan nilai 75,6 dari Kecamatan Sekincau, juara III diraih oleh Nanang No.K-484 dengan nilai 74 dari kecamatan Way Tenong. Pemenang putrid juara I diraih oleh Annisa Zukhruf No. K483 dengan nilai 75,3 dari Kecamatan Way tenong, Juara II diraih oleh nur Khasanah No. K-501 dengan nilai 74 dari kecamatan air Hitam, juara III diraih oleh Khoirunnisa No.K-485 dengan nilai 72,6 dari Kecamatan sekincau.

Untuk cabang Karya Ilmiah Al-Quraan Putra  Juara I diraih oleh Ahmad Arifuzzaki  No.M-532 dari Kecamatan Air Hitam Juara II diraih oleh Riski Guruh Pratama No.M-514 dengan nilai 83 dari Kecamatan Way Tenong serta untuk golongan Putri Juara I diraih oleh Lisi Elpira Sari M-513 dengan nilai 94 dari kecamatan Way Tenong, Juara II diraih oleh Reni Susilawati No. M-23 dengan Nilai 86 dari Kecamatan Balik Bukit. (wartalambar.com | hms/lb)

Tidak ada komentar