HEADLINE

Dermaga Pulaupisang Masuk Prioritas


Warta Lambar - Dermaga perikanan Kecamatan Pulaupisang Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang kini kondisinya rusak parah, menjadi prioritas pihak kecamatan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dengan harapan agar dermaga tersebut segera dikucurkan dana untuk secepatnya dilakukan perbaikan. Karena dampak dari kerusakan tersebut membuat dermaga tidak dapat digunakan, dengan demikian masyarakat berharap agar Dermaga Pulaupisang dapat diperbaiki.

Demikian dijelaskan Camat Drs. Miswandi Hasan, M.Si., ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Rabu (17/4), bahwa sejak Musrenbang tingkat kecamatan digelar, rencana untuk diperbaikinya Dermaga Pulaupisang segera terwujud sehingga dapat segera digunakan masyarakat. Sebagai pusat aktivitas masyarakat yang mayoritas berprofesi nelayan. “Kalau di Musrenbang kecamatan, hal ini sudah menjadi prioritas kita. Itu karena kita menilai fungsi dermaga tersebut sangat besar jika nantinya sudah diperbaiki yaitu sebagai pusat aktivitas masyarakatnya, yang juga bukan tidak mungkin menjadi sebagai pusat transaksi bongkar muat hasil tangkapan kapal-kapal luar yang beberapa waktu sempat terjadi pengusiran di Kecamatan Pesisir Tengah,” ungkap Miswandi.

Menurut Miswandi, pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang ada di Kecamatan Bengkunatbelimbing yang kini tak jelas kelanjutannya, membuat dirinya menilai bahwa PPN lebih layak dialihkan ke Pulaupisang. Selain itu Miswandi juga menjelaskan untuk wilayah tersebut yang paling diunggulkan yaitu dibidang pariwisata, yang banyak pihak menilai jika Pulaupisang memiliki keindahan pantai yang melebihi keindahan Bali, hanya saja perkembangannya yang masih sangat jauh tertinggal. Meski demikian, menurut Miswandi, keindahan pulaupisang akan lebih baik dengan kealamiannya, sehingga para pengunjung akan lebih tertarik untuk mengunjungi pulau tersebut. “Kalau saya lebih memilih pulaupisang indah dan ramai dikunjungi karena kealamiannya, karena dengan demikian maka keindahan tersebut akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Saat ini saja mulai banyak wisatawan asing yang masuk ke pulaupisang, dan mulai dikenal melalui internet,” lanjutnya.

Miswandi berharap, dengan telah dilakukannya perbaikan terhadap dermaga tersebut dan pusat aktivitas masyarakat nelayan mulai berlaku didermaga. Besar kemungkinan harapan, untuk meningkatnya Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di Kecamatan Pulaupisang berkembang dengan baik. “Masyarakat sangat mendukung kita untuk dapat memajukan SDM nya, dengan demikian semoga saja upaya kita untuk dapat melihat kesejahteraan masyarakat bisa terwujud,” pungkasnya. (nov)

1 komentar:

  1. Dermaga yang salah bangun karena tidak memperhatikan keadaan lingkungan jadinya tidak pernah berfungsi. Supaya berfungsi harus ditambah lagi 10 meter ketengah laut.

    BalasHapus