HEADLINE

Kesadaran Masyarakat Gunakan Helm Masih Rendah


Hingga kini kesadaran masyarakat, khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk menggunakan alat pengaman saat berkendara roda dua yaitu helm masih terbilang rendah. Padahal, menggunakan helm telah diwajibkan ketika berkendara. Fakta dilapangan tidak sedikit pengendara yang mengalami kecelakaan yang cukup serius bahkan hingga meregang nyawa yang penyebabnya tidak menggunakan helm.

Demikian dijelaskan salah seorang tokoh di wilayah pesisir, Yanuar Mahmud, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Minggu (3/2), dalam berkendara masyarakat telah diharuskan menggunakan alat pengaman yaitu helm. Namun justru tidak sedikit masyarakat yang nekat melanggar peraturan tersebut meski tahu tanpa menggunakan helm cukup mengancam keselamatan ketika berkendara. “Saya juga cukup heran kenapa kesadaran masyarakat untuk menggunakan helm masih rendah. Padahal itu demi keselamatan mereka juga,” jelas Yanuar.

Menurut Yanuar, dalam hal tersebut pihak kepolisian dinilai telah aktiv melakukan razia terhadap pengendara yang membandel. Hanya saja ketika digelarnya razia masyarakat memang cukup patuh untuk menggunakan helm, namun ketika tidak adanya razia maka masyarakat dipastikan cukup jarang yang memang patuh terhadap peraturan. “Saat mereka tahu jika di satu titik digelar razia, maka pengendara memang selalu patuh dan hampir dapat dipastikan mereka menggunakan helm, namun ketika tidak ada razia oleh kepolisian, maka merek sangat leluasa mengendarai motornya tanpa ada helm di kepalanya,” lanjut Yanuar.

Masih kata Yanuar, masyarakat pengendara roda dua pada dasarnya mengerti dengan tidak menggunakan helm selain dapat mengancam keselamatan juga dapat diberi sangsi oleh aparat kepolisian lalu lintas. Dengan demikian Yanuar menilai, dalam suatu kejadian lakalantas hingga merenggut nyawa pengendara yang memang pengendara tersebut tidak menggunakan helm, cukup jelas hal itu memang kelalaian dari pengendara itu sendiri yang tidak mengutamakan keselamatannya dan bukan lagi kesalahan dari pihak kepolisian selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada pengendara roda dua. “Kepolisian yang dalam hal ini sudah menjalankan tugas mereka dengan baik, hanya saja saya menilai pengendaranya yang memang bengal untuk mematuhi peraturan lalu lintas itu. Untuk itu saya sangat berharap agar kepolisian dapat semakin gencar menggelar razia terhadap pengendara dan pengendaranya juga mulai sadar untuk selalu menggunakan alat pengaman ketika berkendara, karena akan sia-sia upaya kepolisian gencar menggelar razia, namun kesadaran pengendaranya tidak ada,” pungkas Yanuar. (nov)

Tidak ada komentar