HEADLINE

Kesrak-KB-Kes Wujud Dari Pemberdayaan Masyarakat


Untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pembangunan bertujuan pada peningkatan kesejahteraan dan dapat meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat, baik secara administratif maupun secara teknis. Untuk itu, kegiatan Kesatuan Gerakan (Kesrak) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Keluarga Berancana (KB) dan kesehatan perlu dilakukan secara optimal dan berkelanjutan.

Demikian dijelaskan Kasubbid Penggerak dan Pemberdayaan Peranan Masyarakat Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Tedi Zadmiko, S.KM., M.M., Minggu (20/1), bahwa kegiatan Kesrak PKK secara umum bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program KB, Kesehatan dan Posyandu melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam Kesrak PKK, KB dan Kesehatan.

“Kesrak ini bertujuan khusus diantaranya untuk meningkatkan jumlah kelompok dasa wiswa, meningkatkan jumlah dan kemandirian posyandu, meningkatkan jumlah kader yang terampil, serta meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan, kesehatan dan program KB, khususnya bagi keluarga miskin, pra KS dan KS I, meningkatkan jumlah rumah tangga ber-Prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), meningkatkan jumlah peserta KB baru, meningkatkan kualitas pemberdayaan dan ketahanan keluarga, melalui kegiatan bina keluarga balita, remaja, lansia, serta bina keluarga sejahtera,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Kesrak berguna memantapkan peran kelembagaan dan 10 program pokok PKK, khususnya dibidang KB dan kesehatan, meningkatkan kualitas lingkungan dan pemukiman yang sehat, meningkatkan peran serta masyarakat dan lintas sektor dalam melakukan revitalisasi posyandu serta program KB dan kesehatan lainnya. “Dari itu TP-PKK Kabupaten Lambar bersama Pemkab Lambar terus berupaya mewujudkan apa yang menjadi tujuan kesatuan gerak ini, diantaranya melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan dan juga secara rutin setiap tahunnya melaksanakan lomba dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan PKK, KB dan kesehatan serta sebagai bentuk stimulan untuk membangkitkan antusias dari masyarakat agar terbentuk masyarkat yang berdaya secara mandiri,” imbuhnya.

Masih kata dia, Untuk Tahun 2012 telah terpilih Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian sebagai Juara 1 dalam lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Lambar dan oleh karena itu Pekon Trimulyo mewakili Kabupaten Lambar dalam mengikuti Lomba Kesrak Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2012, yang bakal digelar penilaian, Senin (21/1). Pelaksanaan penilaian lomba tersebut rencananya akan dihadiri oleh Bupati Lambar, Ketua DPRD, seluruh Unsur Muspida, serta seluruh Kepala Kantor, Badan, Dinas, Instansi di lingkup Pemkab Lambar.

“Kita memang tidak mau muluk-muluk dengan menargetkan juara, akan tetapi kita akan berupaya se optimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik dengan memanfaatkan seluruh sumberdaya yang ada, dan kami bersyukur TP-PKK, seluruh instansi terkait, camat Gedungsurian beserta jajarannya, peratin Pekon Trimulyo beserta jajarannya serta masyarakat cukup antusias dan bersemangat mengikuti lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan ini, bahkan ibu Dra. Hj. Helwiyati Komala Dewi selaku Ketua TP-PKK pun ikut berperan aktiv dan turun langsung dalam melakukan pembinaan persiapan mengikuti lomba ini dan kita bersama-sama berdoa semoga atas semua usaha dan upaya kita ini mendapatkan hasil yang terbaik untuk Lambar,” pungkas Tedi. (nov)

Tidak ada komentar