HEADLINE

Hari Ini Peringatan Harnus Digelar


Peringatan Hari Nusantara ke-13 digelar hari ini, Kamis (20/12), dipusatkan di Pelabuhan Kuala Stabas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Dalam peringatan tersebut direncanakan akan digelar cukup meriah dan dihadiri pejabat penting, termasuk anggota DPR RI dan 1.000-an dari berbagai elemen masyarakat.

Ketua Penyelenggara Peringatan Hari Nusantara, Kamaruzzaman, acara tersebut akan dihadiri Bupati Drs. H. Mukhlis Basri, M.M., Forkoimda, dan anggota Gerakan Nelayan Krui Bersatu (GKNKB), nelayan serta masyarakat dari peisisr dari Lemong hingga Bengkunatbelimbing. Lainnya yang juga dijadualkan hadir, Ismayatun, Sudin, Iswandi, dan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (PSDKP), Syahrin Bedudu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Lampung dan Kadis DKP Lambar, Kadis Pendidikan, Kadis Pertanian dan beberapa tamu undangan penting lainnya.

“Acara ini akan digelar semeriah mungkin, dengan persiapan yang dilakukan para panitia penyelenggara, karena beberapa waktu lalu Kepala DKP Lambar, telah menyerahkan mandat pertanggungjawaban untuk penyelenggaraan kegiatan hari nusantara ini,” ungkapnya.

Dalam acara peringatan hari nusantara ke-13 tersebut, Pihak Pemkab Lambar memberikan kepercayaan kepada masyarakat Pesisir Tengah, untuk diselenggarakan di pelabuhan Kualastabas, sehingga diharapkan masyarakat mampu memaknai hari besar itu sebagai hari yang cukup penting.

“Acara ini akan diisi dengan berbagai perlombaan seperti olagraga air, renang, sampan kayu, serta pergelaran tarian rakyat yaitu tarian ikan-ikan, tarian ini memiliki legenda yang cukup bermakna bagi para nelayan, karena tarian ini bercerita mengenai seorang darmawan yang jatuh miskin, dan darmawan tersebut mencoba bangkit kembali dengan bekerja menjadi nelayan, dari itu nelayan dikenal juga sebagai penyelamat para pulau-pulau kecil diberbagai penjuru nusantara,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Penyelenggara peringatan hari nusantara Ke-13, Aris Ihwandan, mengatakan, bahwa perayaan hari nusantara akan selalu diperingati, sebelumnya hari nusantara ke-12 di gelar di Pekon Tanjungsetia Kecamatan Pesisir Selatan dan pada peringatan ini, merupakan hari bermakna untuk para nelayan.

“Semoga acara ini akan semaksimal mungkin dimeriahkan, mengingat pentingnya anak-anak bangsa mengetahui pentingnya menjaga perairan seperti pulau-pulau kecil yang ada. Karena ini adalah hari bersejarah dimana para nelayan menyelamatkan pulau-pulau sehingga Indonesia dikenal sebagai nusantara yang memiliki banyak pulau-pulau hal tersebut disampaikan kepala DKP pada saat penyerahan pertanggungjawaban penyelenggara kegiatan di kediaman Anggota DPRD Lambar. Dapil II, Dedi Ansori, beberapa waktu lalu,” tutupnya. (nov)

Tidak ada komentar