HEADLINE

Harga Getah Damar Rp23 Ribu/Kg


Bagi warga pesisir Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang memiliki perkebunan dammar, kini tengah dapat mengambil getah damarnya dengan semangat tinggi. Pasalnya harga getah kristal bening dengan nama latin Shore javanica itu kini meroket. Getah kelas asalan dari masyarakat ke pembeli pertama mencapai Rp16 ribu/Kg, kelas terbaik atau biasa disebut damar AB mencapai Rp23 ribu/Kg, da damar untuk kelas sedang atau AC mencapai Rp21.500/Kg. Demikian dijelaskan salah seorang pembeli damar dari masyarakat, Jhon, Selasa (27/11).

Jhon menjelaskan, jika keuntungan tidak hanya diperoleh masyarakat yang memiliki perkebunan damar, melainkan penampung yang membeli getah damar dari masyarakat kembali menjual getah damarnya kepada pembeli yang lebih besar dengan harga yang juga lumayan tinggi. “Kami menjual getah damar kepada pembeli yang biasa menjual damarnya dipulau jawa dengan jumlah yang banyak juga dengan lumayan tinggi sesuai dengan kelas nya. Hal itu tentu juga membuat kami sebagai pembeli kecil juga merasakan keuntungan yang lumayan besar,” tambahnya.

Jhon berharap, agar kelancaran penjualan getah damar diwilayah pesisir dapat terus terjaga sehingga harga getah damar dapat terus stabil dan tidak merugikan baik masyarakat maupun pembeli. “Mudah-mudahan harga getah damar dapat terus stabil, jika turun tidak terlalu rendah dan jika naik tidak terlalu tinggi. Itu bertujuan agar pendistribusian damar keluar daerah tidak mengalami kemacetan,” pungkasnya. (nov)

1 komentar:

  1. saya mau tnya.. klo batu damar mata kucing sekarang pasaran ny brpa ya???

    BalasHapus