HEADLINE

Camat Usul Penaludan Bibir Sungai

Banjir di Pekon Sukarame Pesisir Selatan, Lambar merendam rumah warga sempat setinggi satu meter.

Banjir yang sempat merendam puluhan rumah warga Pekon Sukarame Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar), pada Rabu (28/11) malam, kini telah surut dn kembali normal. Meski demikian, banjir tersebut menyisakan pekerjaan rumah (PR) bagi warga setempat, utamanya warga yang rumahnya direndam banjir dan lumpur.

Untungnya, dalam peristiwa itu tidak menyebabkan korban jiwa serta belum adanya kerugian yang terlihat. Namun warga yang rumahnya terendam terkendala dengan sarana memasak serta beristirahat karena sarana beristirahat seperti kasur dan sebagainya ikut terendam pada malam itu. Sementara, sebagian besar masyarakat setempat menggunakan kayu bakar sehingga menjadi kendala untuk memasak.

Camat Armen Qodar, S.P., Kamis (29/11), mengatakan pascabanjir tersebut pihak kecamatan telah meninjau lokasi, dimana teridentifikasi 40 rumah warga sempat terendam.

Dijelaskan, banjir yang diakibatkan hujan deras dan meluapnya sungai Waytenumbang menyebabkan tergenangnya jalan raya di wilayah itu setnggi 100Cm. Pihaknya telah melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dijadualkan Jumat (30/11) akan mengajukan laporan tertulis.

“Kemungkinan kita akan mengusulkan melalui rakor agar pinggiran sungai sepanjang 1Km di wilayah ini agar dapat dibangun talud penahan banjir sehingga dapat mencegah luapan air sungai Tenumbang itu,” ujarnya. (nov)

Tidak ada komentar