HEADLINE

Pol Air Harapkan Peran Serta Masyarakat

Kapal Patroli Polair Lambar di Pantai Tanjung Setia

Sat Polair Polres Lampung (Lambar) mengharapkan kerjasama dan koordinasi masyarakat terutama para nelayan dalam menjaga kondisi, kebersihan, dan keamanan di wilayah perairan pesisir. Kasat Polair AKP Amirudin mendampingi Kapolres AKPB. Abdul Karim Tarigan, Jumat (19/10), mengatakan peran satuan tersebut cukup besar dalam menjaga keamanan serta kelestarian laut. Itu karena di wilayah Lambar terutama di daerah pesisir merupakan wilayah perairan.

“Kami sebagai Polair yang bertugas di Lambar terfokus di wilayah pesisir ini, yang bertujuan untuk menjaga keamanan wilayah, serta sesuai dengan tujuan utama, dan mitra terbesar Polair itu sendiri yaitu nelayan dan masyarakat. Karena itu Polair harus dekat dengan nelayan. Karena permasalahan yang ada di laut yang begitu komplek berasal dari perairan dan bagian perairan itu sendiri yakni para nelayan itu sendiri,” ungkap dia di ruang kerjanya.

Dijelaskan, anggota satuan tersebut berjumlah lima orang yang telah diberikan pelatihan khusus mengenai tugas-tugas Pol Air dan didukung satu unit kapal jenis C3 dengan dua mesin yang berkapasitas 300 PK.

“Untuk wilayah hukum Pol Air adalah sepanjang 24 mil dari bibir pantai sepanjang wilayah yang ada, namun lebih dari 24 mil merupakan sudah menjadi wewenang TNI AL, untuk Pol Air Lambar sendiri belum bisa mencapai wilayah 24 mil tersebut karena tidak adanya sarana pendukung, dan untuk mencapai itu semua harus  mengeluarkan dana yang cukup besar, dalam pencarian korban yang beberapa kali terjadi kita melakukan penyusuran minimal 3 sampai 4 mil, dalam perjamnya kapal yang kita pergunakan membutuhkan 140 liter BBM jenis Bensin,” jelasnya. (aga)

Tidak ada komentar