HEADLINE

Pantai Labuhanjukung Dipenuhi Pengunjung


Masa liburan Hari Raya Idul Adha 1433 H tahun 2012, objek wisata Pantai Labuhanjukung Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dipadati pengunjung yang mayoritas dari wilayah Liwa. Grafik pengunjung wisata pantai tersebut meningkat dari Jumat (26/10) hingga Minggu (28/10) yang mencapai 500 pengunjung setiap harinya.

“Peningkatan pengunjung wisata pantai Labuhanjukung terlihat sejak Jumat, yang biasanya hanya berkisar 100 sampai 200 pengunjung, pada hari libur dalam rangka peringatan Hari Raya Idhul Adha tahun ini pengunjung wisata meningkat cukup drastis,” jelas pengelola Pantai Labuhanjukung, Sudirman Ali, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Minggu (28/10).

Untuk itu, lanjut Sudirman, panitia pengelola pantai menarik retribusi bagi para pengunjung karena mayoritas banyak datang dari luar wilayah Krui. Sebagai antisipasi terjadi hal atau kejadian seperti pengunjung tenggelam atau terbawa arus  saat menikmati indahnya pantai wisata labuhanjukung, panitia juga berkeliling memantau situasi dalam sekitar pantai setempat.

“Pada hari biasa setiap pengunjung yang masuk ke lokasi wisata Pantai Labuhanjukung ini tidak ditarik retribusi sepenuhnya bebas termasuk para pedagang, namun karena saat ini merupakan Hari Raya Idhul Adha, pihak panitia menarik salar pada saat-saat tertentu seperti hari-hari besar seperti Tahun Baru, dan Hari Raya Idhul Fitri,” ungkapnya.

Pengunjung pada Hari Raya Idhul Adha tahun ini cukup meningkat, seperti pada Jumat (26/10) kendaraan R2 mencapai 200 unit, R4 capai 50 unit, dengan jumlah pengunjung sekitar 400 orang, pada Sabtu (27/10) jumlah R2 yang masuk sekitar 200 unit, R4 80 unit dan pengunjung berjumlah 450 orang, dan puncak pengunjung terjadi pada Minggu (28/10), sekitar 500 orang yang masing-masing berasal dari Liwa, Bandarlampung, Baturaja.

“Para pengunjug baik dari luar daerah ataupun lokal ditarik retribusi yang sama untuk R4 Rp6 ribu, R2 Rp3 ribu dan pengunjung Rp1000 perorang. Tarif tersebut tidak mengalami penurunan atau kenaikan dari tahun ketahun, karena panitia juga merasa tidak dapat memberikan fasilitas yang memuaskan kepada para pengunjung,” lanjut dia lagi.

Selain itu, wisata labuhanjukung yang cukup mempesona hingga menarik banyaknya pengunjung untuk datang ke tempat wisata Labuhanjukung, para pedagang yang sudah banyak ditemui dilokasi wisata pantai itu, merupakan salah satu penunjang datangnya para pengunjung.

“Penarikan retribusi hanya sementara selama tiga hari karena masih dalam suasana hari besar, untuk kondisi dari peningkatan pengunjung tersebut, kondisi wisata dan para pengunjung dalam situasi aman dan terkendali, yang sesuai harapan kita bersama,” pungkasnya. (aga)

Tidak ada komentar