HEADLINE

Nelayan Usul Tambahan Pembangunan Pelabuhan



Masyarakat khususnya para nelayan di Lingkungan Pasarmulya Barat Kelurahan Pasarkrui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), harapkan adanya pelabuhan untuk sandaran perahu-perahu para nelayan setelah mencari ikan. Pasalnya, saat ini para warga sering kali kesulitan untuk memarkirkan perahu kebibir pantai sehingga diharapkan pelabuhan tersebut.

Seperti dijelaskan, Rusli, salah satu nelayan di Lingkungan Pasar Mulya Barat, menjelaskan bahwa para nelayan setempat cukup kesulitan untuk memarkirkan perahu-perahu setelah mencari ikan, sehingga salah satu pekerjaan berat setelah dan sebelum menggunakan perahu, yaitu memindahkan perahu ke bibir pantai atau sebaliknya.

“Setelah usai mencari ikan menggunakan perahu, kami cukup kesulitan untuk memindahkan perahu itu, pelabuhan yang saat ini sudah ada yaitu di pelabuhan Kualastabas, akses dari kediaman kami cukup jauh, sehingga untuk membawa hasil tangkapan ikan, kami harus menggunakan jasa ojek becak bila sewaktu hasil tangkapan kami lumayan banyak,” ungkap dia.

Kini di lingkungan tersebut, juga ada pembangunan proyek berupa talud penahan abrasi sehingga masyarakat setempat lebih nyaman dan bila adanya pelabuhan di lingkungan tersebut, lebih memudahkan lagi para nelayan bila akan pergi mencari nafkah untuk menyandarkan perahu-perahu tersebut.

“Pelabuhan yang bila terealisasi itu lebih memudahkan para warga memarkirkan perahu-perahu sehingga bagi nelayan yang pulang mendapatkan hasil tangkapan menuju kediaman masing-masing lebih dekat dan tidak terlalu sulit, semoga pemkab bisa mengalokasikan permintaan para nelayan diwilayah ini,” harapnya. (aga)

Tidak ada komentar