HEADLINE

Muarabaru Gelar Penimbangan Bayi


Sejumlah kader Posyandu Pekon Muarabaru Kecamatan Kebuntebu Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar penimbangan bayi dan balita, Rabu (3/10). Agenda rutin bulanan tersebut dihadiri ibu-balita dari empat pemangku di pekon tersebut.

Petugas posyandu, Nasya, mengatakan penimbangan bayi dan balita tersebut untuk mengetahui kondisi berat balita, apakah mengalami peningkatan atau penurunan.

Bukan hanya itu, penimbangan juga untuk memberikan masukan makan bergizi untuk bayi dan balita kepada orangtuanya. Apabila berat bayi dan balita mengalami penurunan biasanya orangtua akan diberi pengarahan dengan memberikan resep makanan yang bergizi bagi pertumbuhan bayi dan balita.

Sementara Ketua PKK Muarabaru, Yuyun Yunengsih, menjelaskan posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan dasar mempercepat penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

diketahui, posyandu tidak hadir dengan sendirinya. Dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan posyandu melalui berbagai kegiatan dan program terus dilakukan, salah satunya kegiatan penimbangan bayi. "Maka itu kepada orangtua berharap untuk bisa membawa bayi dan balita ke posyandu. Bukan hanya penimbangan bayi, imunisasi juga dilakukan," pungkasnya. (aga)

Tidak ada komentar