HEADLINE

Warga Suoh Serbu Pelayanan KTP-KK

Bandarnegeri Suoh, WL-Untuk pertama kalinya, pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) gratis oleh petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), digelar di Kecamatan Bandarnegeri Suoh. warag setempat menyambutnya dengan antusias. Tampak lokasi yang disiapkan diserbu warga dengan jumlah mencapai ribuan, akibatnya petugas yang terdiri atas Andi Cahyadi, M.Si. serta enam operator komputer harus lembur menyelesaikan pemberkasan dari satu pekon ke pekon lainnya.

Dikatakan Camat setempat, Ali Yurdin, S.Sos, M.H., kepada Warta Lambar, Rabu (7/3), pelayanan KTP dan KK gratis yang digelar di setiap pekon telah dijadualkan Selasa-Jumat (6-10/3). “Hari Selasa, petugas menggelar pelayanan untuk tiga pekon, yakni Gunungratu, Bumihantatai, dan Tembelang di Gunungratu. Peserta pemohon KTP dan KK membludak hingga ribuanpemohon. Bahkan petugas harus bekerja lembur hingga pagi untuk menyelesaikan pembuatan KTP dan KK tersebut,” ucapnya.

Lanjut dia, untuk selanjutnya, Rabu (7/3), petugas mengunjungi Pekon Suoh, untuk empat pekon lainnya di lapangan pekon setempat diikuti masyarakat dari Pekon Ringinjaya, Tanjungsari, dan Pekon Srimulyo, sama seperti sebelumnya, pemohon KTP maupun KK membeludak sejak pagi hari, sebelum dilaksanaan pelayanan KTP maupun KK gratis oleh petugas Disduk dan Capil jauh sebelumnya, pihak kecamatan menggelar sosialisasi kepada eratin dan perangkat pekon lainna, untuk disampaikan kepada masyarakat agar memperbaharui KTP maupun KK pada tanggal yang terjadualkan.

Sejak kecamatan tersebut dimekarkan dari Kecamatan Suoh petugas Disduk dan Capil baru pertama kalinya menggelar pelayanan KTP maupun KK, membeludaknya pemohon KTP maupun KK dikarenakan masyarakat masyarakat ingin memperbaharui, bahka tidak sedikit pemohon yang mengaku baru pertama kalinya mempunyai KTP. “Jarak tempuh dari kecamatan setempat ke Disduk dan Capil cukup jauh, kebanyakan masyarakat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memiliki KTP, akibatnya setiap hari pemohon membeludak,” tambahnya.

Hingga tanggal yang dijadualkan selesai, pihanya memastikan pencapaian kepemilikan KTP bagi warganya, hingga mencapai 99%, sebab masyarakat setempat sadar akan wajib ber-KTP.  (nop)

Tidak ada komentar