HEADLINE

Camat Diduga Tilap Dana Operasional Raskin

Balikbukit, WL-Mantan Camat Batuketulis Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Haiza Rinsa, S.H., digoyang isu tak sedap. Haiza yang kini dipercaya menjabat Camat Pagardewa itu dituding menilap dana operasional raskin di enam pekon kecamatan tersebut selama sembilan bulan terakhir tahunlalu. Masing-masing pekon dialokasikan Rp100 ribu/bulan. Itu berdasarkan rilis yang diterima Warta Lambar, Minggu (11/3), ditandatangani enam peratin dan salinan surat kuasa yang ditandatangani Ketua Apdesi Batuketulis Murtoyo tertanggal 28 Februari 2012.

Keenam peratin tersebut, masing-masing Peratin Batukebayan Murtoyo, Peratin Atar Kuwau Tri Aryogi, Peratin Campangtiga Landra, Peratin Kubulikujaya Romlan, Peratin Sumberrejo Karyono, dan Peratin Argomulyo Harzan. Mereka mempertanyakan haknya masing-masing, dan berharap dana operasional dimaksud dibayarkan. Demikian dikatakan Ketua Investigasi LSM LITPK-AN RI Cabang Lambar Suhartato saat bekunjung ke redaksi Warta Lambar, Minggu (11/3).

Menurut Suhartato, para peratin telah memberikan surat kuasa kepada dirinya beberapa waktu lalu untuk menindaklanjuti pemasalahan tersebut. Ditambahkannya,  pada Desember 2011 lalu—saat Haiza masih menjabat sebagai camat Batuketulis—berjanji memberikan biaya operasional tersebut pada bulan Januari 2012, tetapi hingga saat ini belum terealisasi. “Bahkan sampai dia pindah ke Pagardewa dana tersebut juga belum dibayarkan,” jelasnya.

Ditambahkan Suhartato, para peratin sempat menanyakan hal itu kepada pihak terkait namun mengakui hal itu telah diberikan kepada Haiza.

Dikonfirmasi terpisah, Haiza hanya menjawab diplomatis. Haiza tidak menampik kabar tersebut juga tidak membenarkan isu yang mencoreng karirnya itu. Haiza hanya menyarankan agar isu tersebut kembali ditanyakan kepada keenam peratin dimaksud. Kendati demikian, Haiza mengakui jika dirinya dengan Mortoyo dan Tri Ariyogi masih ada hitung-hitungan.

Haiza beralasan Murtoyo dan Tri Ariyogi masih ada sangkutan secara pribadi dengan dirinya. “Silahkan pertanyakan kepada para peratin itu, kecuali dengan Murtoyo dan Tri Aryogi. Saya masih ada urusan lain dengan dua peratin itu,” pungkasnya tanpa menjelaskan urusan yang dimaksud Haiza. (san)

Tidak ada komentar