HEADLINE

Maret, e-KTP Bandarlampung Ditargetkan Rampung

Bandarlampung, WL-Pemerintah Kota Bandarlampung menargetkan program elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) selesai Maret 2012. Batas akhir perekaman data yang satu bulan lebih cepat dari tenggat waktu perekaman yang dicanangkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI dilakukan agar warga Bandarlampung segera memiliki KTP yang berlaku nasional.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Bandarlampung Syahrir, Selasa (14/2). “Pemerintah Kota menargetkan Maret selesai, meski tentunya belum mencapai 100% namun proses perekaman akan diselesaikan. Karenanya masyarakat harus cepat merekamkan datanya,” katanya.
Syahrir mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum melaporkan kepada Mendagri jumlah total warga yang sudah merekam. "Sebab proses perekaman masih berjalan. Imbasnya data yang telah masuk belum mengalami proses lanjutan yakni pencetakan," ungkapnya.

Untuk itu, tambah Syahrir, Pemerintah Kota Bandar Lampung mengambil kebijakan agar proses perekaman data dimaksimalkan. Hal itu tentunya juga harus mendapatkan dukungan dari masyarakat dengan segera menyerahkan data dan melakukan perekaman e-KTP di masing-masing kecamatan.

Tidak itu saja, kata Syahrir, pihaknya juga akan membantu peralatan ke Kabupaten/Kota lain yang akan melakukan perekaman e-KTP. Bukan hanya untuk mendukung program pemerintah pusat, hal itu dilakukan agar warga
Bandar Lampung yang berada di daerah lain dapat segera terakomodir. “Masih banyak warga Bandar Lampung yang berada di Kabupaten/Kota lain.
Karenanya kita akan bantu peralatan sehingga perekaman e-KTP di daerah lain juga dapat berjalan cepat,” jelasnya.

Perekaman e-KTP di Bandar Lampung masih terus berjalan, lanjut Syarir, baik melalui perekaman di Kantor kecamatan yang dibuka hingga pukul 22.00 WIB. "Meski telah terlihat sedikitnya warga yang melakukan perekaman, namun petugas perekaman tetap stand by di kantor
kecamatan," pungkasnya. (len)

Tidak ada komentar