HEADLINE

Kabel Tertimpa Pohon Ulah Petani

Batubrak, WL-Akibat ulah petani yang membuka lahan untuk dijadikan lahan perkebunan di Pemangku Selipas Pekon Sukabumii Kecamatan Batubrak Kabupaten Lampung Barat (Lambar), sepanjang 80M kabel jaringan tegangan rendah hitam yang menghubungkan aliran listrik dari pemangku induk ke Pemangku II Selipas tertimpa pohon dan rumpun bambu akibat turunnya kabel listrik jenis jtr tersebut petugas dari kantor jaga PLN ranting kenali kesulitan menyelamatkan kabel dari timpaan pohon kayu yang berukuran cukup besar serta dari rumpun bambu hyang menimpa sebagian kabel listrik tersebut.

Dikatakan Koordinator Kantor Jaga Kenali Sopian kepada Warta Lambar, Senin (7/2), pihaknya langsung mendatangi lokasi sesaat setelah menerima laporan dari warga setempat, seteah melakukan pemadaman untuk jalur tersebut pihaknya langsung menyelamatkan kabel yang tertimpa.

Pemadaman tersebut tidak berlangsung lama karena petugas yang berjumlah empat orang langsung memasangkan kembali kabel listrik yang tertimpa.

Lanjut dia, pihaknya juga menerangkan tidak ada sangsi khusus bagi pemilik kebun mengingat itu bukan paktr kesengajaan dan terlihat tidak ada maksud untuk mengarakan pohon dan bambu tersebut kearah kabel listrik. “Namun saat akan dimintai keterangan petani pemilik lahan yang akan dijadikan lahan perkebunan tersebut sudah meninggalkan tempat dan belum diketahui pelakunya,” ujar Sopian.

Wilayah tugasnya memang kerap terputusnya aliran listrik akibat tertimpa pohon, namun untuk mengantisipasi permasalahan tersebut pihaknya berupa untuk memangkas pohon kayu yang berpotensi menimpa kabel aringan listrik, kegiatan tersebut sudah menjadi kegiatan rtin petugas PLN di ranting kenali. (nop)

terbit 07 Februari 2012

Tidak ada komentar