HEADLINE

Juwillir Ambil Berkas Pendaftaran di PAN

Balikbukit, WL-Nama Drs. H. Juwillir Syam, M.A., santer terdengar belakangan ini. Setelah beberapa waktu lalu tokoh yang berdomisili di Jl. Merdeka Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ini dikabarkan akan maju sebagai bakal calon bupati (balonbup) pada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) 27 September mendatang melalui Partai Demokrat, kini alumnus Insitut Ilmu Ekonomi (Economics Institute) Boulder, Colorado, Amerika Serikat ini mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Panitia Penjaringan Balon Bupati/Wabup DPC Partai Amanat Nasional (PAN), Senin (6/2).

Bung Syam—demikian dia biasa disapa—tampak didampingi beberapa kerabatnya diterima Ketua Panitia Penjaringan H. Herwan, S.H. beserta beberapa kader partai besutan Prof. DR. H.M. Amin Rais, M.A. tersebut.

Setelah formulir pendaftaran diterima, dengan seksama Bung Syam membaca beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sang balon manakala mendaftar.

Dari beberapa item yang ada, hanya persyaratan nomor 5 tampaknya mencuri perhatiannya. Seraya meminta panitia untuk merevisi kalimat poin tersebut yang intinya menyebutkan, balon tidak diperkenankan mendaftar di parpol lain. Terlebih PAN hanya memiliki empat kursi di DPRD Lambar.

Herwan mengatakan, penutupan pendaftaran dilakukan Rabu (15/2). Untuk pengembalian berkas pendaftaran dibuka tiga hari sebelum pendaftaran penjaringan ditutup, Minggu-Rabu (12-15/2). Sementara waktu verifikasi berkas, Rabu-Sabtu (15-18/2). Terkait persyaratan yang diajukan partainya pada poin 5 untuk pasangan balon, Herwan mengaku bakal mempertimbangkan untuk merubah beberapa kalimat pada item tersebut.

Terkait kekurangan kursi PAN di DPRD, PAN juga bersedia untuk mendukung salah satu balon yang diusung partai tertentu. Meski demikian, PAN terus melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai yang dinilai berpotensi berkoalisi dengan PAN untuk mengusung pasang balon tersendiri. “Kami siap untuk mendukung balon tertentu,” ujar Herwan.

Sebelumnya, Bung Syam mengutarakan sinyal untuk maju sebagai balonbup dari Partai Demokrat. “Insya Alloh (siap) mencalonkan diri,” kata dia.Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat Hj. SW Sundari yang digadang-gadang sebagai sekondan Bung Syam kelak juga menegaskan siap maju sebagai balon wabup dari partai tersebut. Meski demikian Sundari mengatakan jika pasangn itu bukan harga mati. Sebab, kepastian keduanya bakal mengacu pada hasil survei. (esa)

terbit 07 Februari 2012

Tidak ada komentar