HEADLINE

UML Workshop PTM Se-Sumatera

Bandarlampung, WL - Universitas Muhammadiyah  (UM) Lampung mengadakan Workshop Perancangan Sistem Penjaminan Mutu dan Pelatihan Auditor Mutu Internal Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Sumatera, Senin (31/10). Acara yang diadakan di hotel Indra Puri Bandarlampung tersebut, dihadiri oleh sedikitnya 24 Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

“Alhamdulillah yang hadir ada 24 Perguruan Tinggi (PT), dari jumlah seluruhnya 27. Ini artinya ada 90% yang hadir. Ketiga PT yang tidak bisa hadir sudah mengkonfirmasi, karena sedang ada akreditasi.” Kata Agus Fahrudin, Rektor UM Lampung.

Sementara itu, saat dikonfirmsi mengenai kegiatan tersebut, Agus mengatakan PT sebagai center of excellence harus terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan mutu lembaga pendidikan yang berkomitmen penuh dalam mencerdaskan bangsa.

Dalam Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003-2010, kebijakan dasar PT menekankan bahwa PT harus aktif berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa melui keluaran produk dan jasa di pasar dunia.

Oleh karena itu, masih menurut Agus setiap PT perlu memperbaiki kapasitas fisik, tata kelola, pendanaan, dan sumberdaya manusia. Maka penjaminan mutu pendidikan tinggi ini di suatu PT merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Ia juga mengatakan, jika PT harus memiliki rencana strategis guna mengatur, mengembangkan dan sebagai pedoman serta bingkai dalam menjalankan tugas dan fungsi perguruan tinggi dimasa mendatang.
Selanjutnya, Agus mengatakan PT dinyatakan bermutu apabila, mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya, mampu memenuhi keinginan masyarakat berupa societal needs, industrial needs, dan professional needs.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai konsep dan teori penyusunan manajemen dan system penjaminan mutu, peningkatan pemahaman dan keterampilan merancang system penjaminan mutu dan system audit internal. Serta mempersiapkan auditor internal mutu PT Muhammadiyah, terang Agus. (len)

Selasa, 01 Nopember 2011

Tidak ada komentar