HEADLINE

Pringsewu Pemilukada Hari Ini

Bandarlampung, WL - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyiagakan 493 personel mengamankan
pemilukada di Kabupaten Pringsewu, yang akan berlangsung pada Rabu (28/9).

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, Selasa (27/9), mengatakan personel kepolisian tersebut merupakan anggota Polres Tanggamus dengan bantuan dari Satuan Brimobda Polda Lampung. Selain itu, pengamanan juga dibantu oleh aparat TNI dan hansip.

Dia melanjutkan, Polres Tanggamus juga telah menyosialisasikan penangangan tindak pidana pemilukada, yang bekerja sama dengan panwaslu sebagai penanggung jawab dalam keamanan pemilukada. "Polres telah berkoordinasi dengan kejari dan ketua panwas," kata dia.

Kabupaten Pringsewu merupakan daerah otonomi baru (DOB) hasil pemekaran Kabupaten Tanggamus, dan melaksanakan pemilihan kepala daerah untuk pertama kalinya. Sebanyak lima pasangan calon bupati-wakil bupati akan memperebutkan 281.246 suara di pemilukada tersebut.

Para pasangan calon itu adalah Ririn Kuswantari-Subhan Effendi yang diusung Partai Golkar dan PPP, Abdullah Fadri Auli-Tri Prawoto usungan PAN dan Hanura.

Selain itu, ikut bertarung pasangan Untung Subroto- Purwantoro yang diusung Gerindra, PKPB, PDK, PDP, serta PKB. Kemudian, Sujadi Saddat- Handitya Narapati yang diusung PDIP, Demokrat, PKS, PKNU, dan PKPI, serta di jalur perseorangan, pasangan Sinung Gatot Wiryono-Mat Alfi Asha.

Selain Pringsewu, pada hari yang sama juga berlangsung pemilihan kepala daerah pada dua DOB lain di Lampung, yaitu Mesuji dan Tulangbawang Barat. Mesuji dan Tulangbawang Barat merupakan dua daerah otonomi baru yang merupakan hasil pemekaran kabupaten Tulangbawang.

Pada pemilukada Mesuji, enam pasang calon ikut bertarung memperebutkan kursi bupati dan wakil bupati di daerah tersebut, memperebutkan sedikitnya 128.249 potensi suara, dua pasang di antaranya adalah calon perseorangan.

Sedangkan, di Tulangbawang Barat, pemilukada diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati, satu diantaranya diusung nonpartai atau independen. (len)

Rabu, 28 September 2011

Tidak ada komentar